Berhati-Hatilah Mencari Informasi di Internet

Bookmark and Share
Selalu berhati-hatilah saat mencari informasi di Internet. Sebab mesin pencari pun bisa ditunggangi oleh para pembuat malware. Ini terjadi pada berita kecelakaan mobil yang dialami pemain golf Tiger Woods beberapa waktu lalu. Sejak berita itu tersiar, mesin pencari Google mencatatkan berita tentang Tiger Woods di peringkat teratas pencarian. Maklumlah banyak fans Tiger Woods yang ingin tahu lebih detil tentang kecelakaan tersebut.

Celakanya, menurut Symantec, ini justru dijadikan peluang oleh para pengirim Scareware untuk meracuni mesin pencari situs web. Hasil pencarian pun akan mengarahkan pengguna ke tiga domain jahat, yakni vir-curemypc-now.com, egafuki.cn. dan online-scanner-free.net

Website tersebut lalu mengarahkan pengguna ke sebuah proses pemindaian palsu. Setelah itu akan dikeluarkan rangkaian pemberitahuan ‘error’ dan ‘ancaman’ serius yang disarankan untuk segera dibersihkan dari komputer pengguna. Ancaman ini palsu. Pengguna secara tidak sadar telah diarahkan agar membeli software antivirus tidak sah yang nantinya dapat mengambil informasi pribadi untuk kegiatan kejahatan.

Menurut Hon Lau dalam blog Symantec Response, kejadian seperti ini memang merupakan cara pembuat malware mencari keuntungan. Nah karena itu disarankan untuk menggunakan antivirus yang updated saat berselancar di Internet. Ia juga menyarankan untuk tidak membeli software antivirus dari sumber online yang meragukan.
kompas
http://dede-net.blogspot.com

Title Post: Berhati-Hatilah Mencari Informasi di Internet
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...