Kejahatan Cyber Melalui RAM Bekas

Bookmark and Share
Penjahat cyber selalu mencari segala cara untuk mencuri informasi penting seperti data kartu kredit. Untuk menangkal enkripsi pada transmisi data, program jahat jenis 'pemulung RAM' pun makin marak digunakan.

Untuk mencegah pencurian data kartu kredit, enkripsi bisa diterapkan saat transfer data dari komputer Point-of-Sale di sebuah toko ke server pusat. Enkripsi itu diharapkan bisa mencegah pencurian informasi yang dilakukan di perjalanan.
penjahat cyber telah menemukan cara untuk mengatasi hal itu. Cara yang makin populer belakangan ini adalah program jahat bernama 'pemulung RAM'.

Program jahat tersebut akan menyusup ke komputer sasarannya lalu memantau memori lokal (RAM) pada komputer. Data di dalam RAM tak akan dienkripsi karena harus diproses oleh aplikasi. Nah, data polos itulah yang menjadi sasaran program jahat untuk dikirimkan ke pembuatnya. Cara kerjanya yang memilih dan memilah data di dalam RAM itu yang membuatnya dinamai Pemulung RAM.

Wade Baker, analis dari Verizon Business, mengatakan semakin banyak penjahat cyber yang menggunakan teknik itu sepanjang 2009. Data Verizon menyebutkan ada sekitar 4 persen kasus yang melibatkan Pemulung RAM dari 592 kasus pembobolan keamanan yang mereka selidiki sejak 2004.

Tentunya, angka itu masih sedikit jika dibandingkan dengan penggunaan program jahat jenis Spyware yang mencapai 19 persen ataupun backdoor (18 persen). Namun peningkatannya yang terjadi dalam setahun belakangan patut diwaspadai.

Pemulung RAM, menurut Baker, masih sulit dideteksi oleh program antivirus. Gejala-gejala yang perlu diperhatikan adalah:

*Adanya file rdump dan script Perl aneh di hardisk
*Perubahan mendadak pada ruang kosong hardisk
*Hal 'aneh' pada Registry dan System Process.

tegs : kejahatan cyber, mencuri password, hack password, pencurian internet.

Title Post: Kejahatan Cyber Melalui RAM Bekas
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...