Memilih Komputer Sesuai Kebutuhan

Bookmark and Share
Berpikir tentang membeli komputer baru? Atau bingung memilih komputer yang seperti apa? Jika demikian, Anda tidak pernah punya banyak pilihan seperti yang Anda lakukan sekarang. Jika Anda membuka iklan diinternet, Anda akan melihat ada banyak sekali komputer desktop ataupun laptop diiklankan dengan harga bervariasi. Sebelum Anda kehabisan akal untuk menentukan pilihan, ada baiknya ambil waktu sejenak dan duduk di warung kopi untuk berpikir yang serius tentang apa yang Anda butuhkan dan memperhatikan apa yang ditawarkan dengan harga tertentu. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:
Desktop atau laptop – Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan. Desktop umumnya mulai pada harga yang lebih rendah dan menawarkan kecepatan lebih baik. Selain itu, penambahan dan perbaikan untuk komputer desktop cenderung biaya kecil. Kelemahan yang jelas adalah bahwa desktop mengambil banyak ruang fisik. Laptop, di sisi lain, adalah unit mobile yang dapat Anda bawa ke mana saja.

Operating System – Sistem operasi adalah software dasar yang memungkinkan Anda untuk menggunakan komputer. Kebanyakan PC khususnya Desktop dijual kosong artinya belum mempunyai sistem operasi, jadi anda harus membelinya tersendiri. Namun ini bisa diatasi dengan memesan langsung software-nya include dengan hardware. Sistem operasi yang paling umum terutama di Indonesia adalah Microsoft Windows. Namun tidak menutup kemungkinan jika anda ingin menggunakan sistem operasi lain misalnya Linux atau Mac OS. Jika Anda sering membeli model high-end, Anda akan menemukan bahwa harga Mac dan PC sebenarnya sebanding. Pada akhirnya, anda tinggal menentukan untuk memilih model yang Anda rasa nyaman.

Sekali Anda telah membuat keputusan yang tepat, Anda harus berpikir tentang prosesor, hard drive, memori, dan CD / DVD pilihan. Ingat bahwa harga ” paling atas” hari ini mungkin tidak menjadi “paling atas” bulan depan, minggu depan, atau bahkan hari berikutnya. Komputer berubah dengan cepat, jadi anda harus berpikir jangka panjang sebelum membeli. Itu tidak berarti Anda harus membeli komputer keluaran akhir dengan harga tertinggi. Keseimbangannya adalah anda harus memikirkan untuk apa sebenarnya komputer Anda dan bagaimana Anda akan menggunakan komputer. Apakah Anda hanya menggunakan program pengolah kata dan berselancar di Internet? Atau apakah Anda ingin menjalankan permainan yang kompleks dan video? Anda perlu mempertimbangkan bagaimana Anda menggunakan komputer ketika anda membuat keputusan tentang komponen-komponen berikut:

Processor – CPU adalah otak dari komputer dan segala sesuatu dalam komputer dikelola oleh CPU. Banyak CPU saat ini diiklankan hingga 3 gigahertz, namun bagi kebanyakan orang 2 gigahertz sudah cukup. Bagaimana dengan Anda?
Hard drive – Hard drive adalah penyimpanan permanen yang digunakan untuk menyimpan program dan dokumen. Penyimpanan yang relatif murah, sehingga anda bisa menyimpan sebanyak mungkin yang Anda butuhkan. Jika Anda men-download banyak musik atau melakukan editing video yang serius atau gambar kerja, 160 gigabyte (GB) adalah minimum bahkan harus Anda pertimbangkan diatasnya.

Memori – Program-program yang Anda gunakan di komputer Anda dapat dengan cepat jika menggunakan yang cukup. Beberapa dari “tawar-menawar” komputer hanya memberikan 512 megabyte (MB) RAM, tapi itu mungkin sudah tidak cukup untuk banyak keperluan. Anda akan membutuhkan setidaknya 1 GB.

CD / DVD – Apakah Anda berniat untuk membeli musik atau film dari internet? Jika demikian, Anda mungkin ingin untuk mencari komputer yang punya DVD burner. Jika Anda hanya perlu untuk dapat menyalin dokumen ke disk, maka Anda dapat berbelanja CD burner. Dipasaran sekarang sudah banyak pilihan mau yang praktis yaitu gabungan antara DVD ROM dan DVD-RW, terserah anda. Logikanya adalah yang terpisah lebih tahan lama tetapi biayanya lebih mahal dalam pembelian.

Membeli komputer dapat menjadi luar biasa dan dengan semua opsi yang ditawarkan dapat membuat sulit untuk membandingkan harga toko, namun jika Anda membuat daftar menggunakan poin yang dibahas di atas dan bandingkan model-model dari toko ke toko, Anda akan dapat mengevaluasi secara bijaksana pilihan Anda. Cobalah untuk tidak tergiur oleh fitur tambahan yang mungkin tidak Anda butuhkan. Ingatlah bahwa anda membeli komputer untuk digunakan dan Anda bukan penjual. Cari komputer yang akan memenuhi kebutuhan Anda dan bersenang-senanglah!

tags : spesifikasi komputer game, komputer media, komputer kantor, membeli komputer, kebutuhan komputer, jenis komputer.

Title Post: Memilih Komputer Sesuai Kebutuhan
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...