Sebar Fitnah, Blogger Didenda Rp 400 Juta

Bookmark and Share
'Tulisanmu harimaumu', itulah mungkin ungkapan yang cocok bagi dua blogger ini. Tulisan yang mereka buat sampai harus tersangkut kasus hukum dan diwajibkan membayar denda hingga Rp 400 juta.

Kasus ini bermula ketika kedua blogger asal China tersebut membuat tulisan tentang seorang sutradara film Negeri Tirai Bambu yang bernama Xie Jin meninggal dalam pelukan pelacur.

Sontak, berita itu mengagetkan pihak keluarga yang ditinggalkan. Mereka pun menyeret kedua blogger tersebut ke pengadilan dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Pihak pengadilan Shanghai sendiri telah mengetok palu atas kasus ini. Hasilnya, kedua blogger yang kebablasan itu diwajibkan membayar kompensasi kepada janda Xie - Wu Dawen -- dan membuat surat permintaan maaf dan harus ditayangkan di internet.

Namun bukannya menyadari kesalahannya, Song Zude -- salah satu blogger tersebut -- malah bersikeras tulisan yang ia tampilkan mengenai kelakuan cabul Xie Jin adalah berita benar.

"Putusan ini tidak adil, Saya tidak akan meminta maaf. Saya juga tidak akan membayar kompensasi tersebut dan akan mengajukan banding," tegasnya, dikutip detikINET dari AFP, Senin (28/12/2009).

Song sendiri bersikeras bahwa ia memiliki bukti bahwa semasa hidup, Xie Jin seorang penikmat wanita tunasusila. Hanya saja, keyakinan Song tersebut tak dianggap oleh pengadilan lantaran tak memiliki bukti kuat.

http://dede-net.blogspot.com

Title Post: Sebar Fitnah, Blogger Didenda Rp 400 Juta
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...