Virus Koobface Merayakan Natal Dan Tahun Baru

Bookmark and Share
Hari Raya Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata, dan geng virus Koobface pun sudah sibuk tak ubahnya ingin ikut merayakan. Hanya saja perayaan yang mereka lakukan sedikit berbeda, yakni dengan menggelontorkan serangan ke pengguna internet.

Berdasarkan pengamatan Symantec Security Response, aksi terbaru Koobface -- yang merupakan plesetan dari Facebook -- melibatkan posting pesan melalui profil Facebook dengan link yang mengarahkan ke halaman Facebook palsu ataupun halaman video palsu.

"Pengguna akan ditawari sebuah file bernama setup.exe dan berupa upgrade Flash Player ataupun antivirus gratis yang dikatakan untuk melindungi pengguna dari Koobface," tulis Symantec dalam keterangannya, Senin (7/12/2009).

Posting Facebook palsu tersebut kurang lebih sama seperti di bawah ini:

I caan't ffall asleepp affter viewwing thiss videeo. I haven'tt seenn aanything liike this
I can''t falll aslleep aftter viiewing thhis vvideo. I havven't seeen aanything likee thhis
I caan't ffall aslleep aftter vieewing thiss videoo. I haveen't seeen annything llike thiis

Setiap pesan berisi link yang jika diklik akan membawa pengguna ke sebuah halaman Facebook atau membuka halaman sebuah video berisi video bertema Natal.

Berikut beberapa tips sederhana agar tetap aman saat mengakses internet:
Hati-hati dengan apa yang Anda klik: Jangan gampang mengklik link dari pengirim yang tidak dikenal. Tetap berhati-hati terhadap pesan dalam sebuah website atau pesan yang seakan berasal dari sebuah website, cek URL pesan tersebut.
Terapkan perlindungan. Pastikan Anda menggunakan solusi keamanan up-to-date yang melindungi dari spam dan virus.

Setiap klik memiliki konsekuensi: Saat ditanya untuk membolehkan (allow) atau mengabaikan (deny) sebuah aplikasi melakukan akses di internet, selalu pilih abaikan (deny) jika Anda tidak benar-benar yakin bahwa situs yang diakses tersebut adalah situs asli dan aman.

Title Post: Virus Koobface Merayakan Natal Dan Tahun Baru
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...