iPad Bakal Jadi Ancaman Serius e-Book Reader Lainnya

Bookmark and Share
Toko buku elektronik yang dilahirkan Apple untuk iPad, bisa menjadi ancaman bagi Amazon dengan Kindle-nya. Bukan hanya itu, ia juga mengancam piranti pembaca buku elektronik (e-reader) lainnya.

Apple memang memposisikan iPad sebagai, salah satunya, pembaca buku digital. Untuk itu perusahaan yang dikomandani Steve Jobs ini telah mengumumkan aplikasi buku elektronik bernama iBooks.

Sebanyak lima penerbit telah setuju untuk memperkaya perpustakaan iBooks lewat toko online bernama iBookstore. Mereka adalah Hachette, HarperCollins, Macmillan, Penguin dan Simon and Schuster.

Keberadaan iBooks disinyalir bisa jadi ancaman bagi Kindle, perangkat pembaca e-book dari Amazon. Ini karena ada beberapa keunggulan dari iBooks dibandingkan buku-buku Kindle.

Misalnya, iBooks bisa mendukung foto, video, grafik dan fitur membalik halaman secara dinamis. Selain itu iBooks akan menggunakan format standar ePub yang telah diadopsi oleh banyak penerbit dan lebih bersifat terbuka dibandingkan format Amazon dari Kindle.

Namun, saat memperkenalkan iPad, Steve Jobs sempat memuji Amazon yang telah menjadi pelopor teknologi pembaca buku elektronik. Akan tetapi, Jobs juga mengatakan iPad miliknya akan lebih mumpuni.

Ancaman terhadap Kindle diakui oleh Shannon Cross, dari perusahaan peneliti Cross Research. "Kami melihat piranti dari Apple sebagai ancaman pada Kindle dan sistem e-book lainnya yang minim kemampuan seperti itu," ujar Cross.

Meski demikian bukan berarti Kindle kalah telak dari iPad. Salah satu keunggulannya adalah banyaknya buku yang tersedia untuk Kindle serta waktu baterai yang mencapai 4 hari (bandingkan dengan 10 jam untuk iPad).

Dari sisi harga, Amazon Kindle DX dijual pada harga US$ 489 dan sudah mencakup biaya koneksi 3G. Sedangkan iPad, versi yang belum dilengkapi 3G (hanya WiFi) dan bermemori 16GB ada di kisaran US$ 499 (sekitar Rp 4 juta).

Di sisi lain, Amazon juga telah merilis aplikasi Kindle untuk iPod Touch dan iPhone. Artinya, aplikasi itu beserta buku-buku yang ditawarkan Amazon kemungkinan akan tersedia juga bagi iPad.

Yang Tidak Ada di iPad

Komputer tablet terbaru dari Apple, iPad, digadang-digadang sebagai perangkat revolusioner. Steve Jobs, CEO Apple, bahkan sempat mengomentari perangkat ini sebagai 'hal paling penting' yang diumumkannya.

Dari sisi jeroan dan fitur yang dimiliki, Apple iPad memang cukup menjanjikan. Perangkat itu disebut-sebut bisa memiliki banyak fungsi bagi penggunanya, mulai dari e-book reader, pemutar video bahkan hingga konsol game genggam.

Meski demikian, Apple iPad tetap dianggap memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan-kekurangan tersebut bisa jadi alasan bagi konsumen untuk tidak buru-buru mengadopsi gadget kinclong dari Apple ini.

Berikut sejumlah kelemahan-kelemahan Apple iPad:
Tanpa Adobe flash
Tidak dilengkapi kamera
Tidak bisa multitasking
Layarnya memiliki ukuran yang mungil, yakni 9,7 inchi
Tidak menggunakan sistem operasi Mac OS
Kapasitas penyimpanan yang kurang besar
Baterai tidak mudah diganti
Tidak memiliki port HDMI
Dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, akankah iPad laris manis di pasaran? Kita tunggu saja.

Semua Aplikasi iPhone Bisa Jalan di iPad

Banyak yang menyebut iPad, tablet baru buatan Apple, sebagai iPhone dalam ukuran besar. Sebutan demikian beralasan karena sistem operasi yang digunakan berplatform sama.

Dengan "jeroan" yang sama, semua aplikasi yang jalan di iPhone pun kini langsung bisa digunakan di iPad. Apple sampai mengiming-imingi konsumen untuk memilih iPad dengan 140.000 aplikasi yang kini sudah ada di Apple App Store dan terus bertambah.

"iPad bisa menjalankan 140.000 aplikasi dari App Store. Jadi, Anda dapat menggunakan semua aplikasi yang sangat asyik dan berguna, termasuk semua hal dari game hingga aplikasi produktif," demikian pernyataan Apple dalam situsnya.

Semua aplikasi dijamin dapat dijalankan di iPad tanpa modifikasi apa pun, termasuk melakukan perbesaran layar sampai penuh (full screen). Namun, tidak semua tampilan bisa sepenuhnya sesuai untuk layar 9,7 inci. Untuk mengatasinya, Apple telah menyediakan software development kit (SDK) terbaru iPhone SDK 3.2 sehingga para pengembang dapat segera melakukan penyesuaian berdasarkan karakteristik iPad.

"iPhone SDK 3.2 beta menyediakan semua alat yang Anda butuhkan untuk mulai mengembangkan dan mengotimalkan aplikasi iPhone OS untuk iPad," demikian pengantar Apple di situs webnya. (RedHerring/Detik/Informationweek)

http://dede-net.blogspot.com

Title Post: iPad Bakal Jadi Ancaman Serius e-Book Reader Lainnya
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...