Ke Depan, Penyadapan Ponsel Bakal Lebih Mudah

Bookmark and Share
Seorang ilmuwan komputer asal Jerman berhasil membobol algoritma rahasia yang membuat pembicaraan telepon menjadi lebih privasi.

Karsten Nohl dan tim-nya bekerja selama lima bulan untuk memecahkan kode untuk meng-enkripsi panggilan dengan teknologi GSM. Temuan itu secara tidak langsung akan memungkinkan adanya teknologi penyadapan telepon oleh siapa saja.

"Penelitian ini secara tidak langsung memberikan peringatan kepada kita bahwa teknologi GSM tidak selamanya mampu menyimpan rahasia pecakapan. Kami mencoba memberitahukan hal ini kepada khalayak luas," ujar Nohl seperti dikutip melalui Big News Network, Kamis (31/12/2009).

Nohl juga menambahkan, temuan ini secara tidak langsung akan membuat penyedia layanan GSM merasa tertantang untuk membuat enkripsi teknologi GSM yang lebih baik.

Menurut Nohl, segala fungsi kriptografik berada di satu jalur yang tidak bisa di-dekrip tanpa menggunakan kode rahasia. Sehingga, lanjut Nohl, untuk memecahkan kode tersebut, Nohl dan timnya mencoba semua kemungkinan kombinasi kode input dan output yang ada. Bahkan Nohl menyebutkan adanya triliunan kombinasi kode yang memungkinkan.

"Kode ini kami susun dalam sebuah daftar, mirip dengan buku telepon. Kode tersebut memungkinkan setiap orang untuk menguraikan sinyal telepon milik miliaran orang di dunia yang menggunakan teknologi GSM.

GSM Association (GSMA) menyatakan temuan tersebut belum tentu terbukti kebenarannya karena sebelumnya banyak juga riset seperti ini, yang menggambarkan bagaimana algoritma A5/1 dapat terpecahkan.

"Namun sampai saat ini belum ada satupun pembuktiannya," ujar juru bicara GSMA.

http://dede-net.blogspot.com

Title Post: Ke Depan, Penyadapan Ponsel Bakal Lebih Mudah
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...