Microsoft 'Primadona' Pembajak di Indonesia

Bookmark and Share
Dari sejumlah kasus pembajakan software ilegal yang ditemui oleh komunitas anti pembajakan Business Software Aliance (BSA) yang menjadi primadona pembajak dalam menggunakan peranti lunak tidak sah adalah, Microsoft.

Menurut Kepala Perwakilan dan Juru Bicara BSA Donny Alamsyah Sheyoputra, memang wajar jika Microsoft sering ditemui dalam kasus yang diketahui BSA. Pasalnya, peranti lunak asal Amerika Serikat tersebut memang telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam menjalankan aktifitas perkantoran saat menggunakan komputer.

Namun, menurut Donny, tidak hanya Microsoft yang paling sering dibajak oleh pengguna ilegal tersebut. Ada beberapa produk software buatan anggota BSA yang menjadi korban aksi pembajakan di Indonesia.

"Dari sekian banyak tersebut ada yang masuk lima besar yang sering dibajak selain Microsoft, yaitu Adobe, Symantec, Autodesk dan Corel," tambahnya, saat konferensi pers, di Restoran Sindang Reret, Jakarta, Rabu (13/1/2010).

Memang jika dilihat, agak mengherankan jika Autodesk masuk kedalam software yang sering dibajak. Sebab, aplikasi ini merupakan software khusus yang hanya digunakan perusahaan-perusahaan tertentu saja, yang lebih sering berhubungan dengan konstruksi.

"Memang Autodesk itu merupakan software yang segmentif, namun pada kenyatannya banyak perusahaan yang menggunakan software tersebut untuk membuat denah di perusahaan mereka," tegas pria berkaca mata tersebut.

Sementara itu pemberantasan pembajakan software ilegal di Indonesia dinilai pihak kepolisian sudah dilakukan secara maksimal. Menurut Kombes Pol Kanit I Indag Direktorat II Ekonomi Khusus Bareskrim Mabes Polri Tony Hermanto secara skala penanganan software masih kecil, karena masih kalah dengan optical disk.

"Dari segi penjualan kita bisa lihat, DVD bajakan mulai dari musik sampai dengan film selalu laku keras. Hasil razia kami saja, terdapat 32 industri dengan 200 mesin untuk membuat kepingan bajakan," tegas Tony,.

Tony mengharapkan, kesadaran ini tidak hanya menjadi tanggung jawab polisi semata saja. Melainkan juga masyarakat dalam meningkatkan kesadaran untuk membeli produk yang asli, serta memantau semua perkara yang masuk hingga ke pengadilan.

http://dede-net.blogspot.com

Title Post: Microsoft 'Primadona' Pembajak di Indonesia
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...