Berkirim Surat Menggunakan Email

Bookmark and Share

Di tahun 90 an, jika ingin mengetahui ataupun mengirim kabar dari saudara yang jaraknya jauh, Anda biasa menggunakan jasa pos dengan cara berkirim surat. Perlu waktu yang lama agar surat tersebut sampai ke alamat tujuan. Setelah adanya telepon genggam, Anda bisa mendapat kabar dengan cepat dengan cara menelepon ataupun mengirim SMS.

Anda cukup membayar pulsa agar bisa terus berkomunikasi. Tetapi sebenarnya ada sarana lain yang bisa digunakan untuk saling bertukar informasi dengan cepat dan tanpa mengeluarkan biaya atau gratis. Sarana tersebut adalah dengan menggunakan email.

Email atau electronic mail adalah layanan yang bisa didapatkan di internet untuk mengirim atau menerima surat. Sama halnya dengan surat biasa, dalam layanan email, Anda harus mempunyai alamat untuk mengirim dan menerima surat.

Anda bisa mendapatkan alamat ini dengan mendaftarkan terlebih dahulu ke situs penyedia email. Banyak sekali penyedia layanan email, baik yang berbayar ataupun yang gratis. Contoh penyedia layanan email yang berbayar adalah hotmail, yahoo, indosat, dan masih banyak lagi yang lain.

Penyedia layanan email berbayar ini biasanya menyediakan layanan email gratis seperti yahoo, hotmail, ymail, rocketmail, gmail, dan masih banyak lagi penyedia layanan email gratis yang lain. Tetapi jangan mengira kalau email berbayar lebih baik daripada email gratis. yahoo dan gmail membuktikan bahwa pelayanan mereka sangat baik, walaupun email yang disediakan gratis. Tetapi ada juga email berbayar yang memang memberikan pelayanan yang jauh lebih baik daripada email gratis.

Untuk mendapatkan alamat email, Anda cukup pergi ke alamat penyedia layanan email yang dikehendaki. Setelah itu, Anda mendaftar dan mengisi data diri. Saat mengisi password yang akan digunakan untuk email Anda, isikanlah dengan kata atau angka yang mudah diingat. Password ini jangan sampai diketahui oleh orang lain agar tidak disalahgunakan.

Setelah proses pengisian data diri ini selesai, Anda akan mendapatkan verifikasi bahwa telah berhasil mempunyai alamat email. Setelah mendapat alamat email ini, Anda bisa langsung memakai email tersebut untuk mengirim email ke alamat email lain.

Beberapa istilah dalam layanan email yang perlu diketahui antara lain:

Mailing list

Adalah grup antara pemakai email yang mempunyai hobi ataupun bidang pekerjaan yang sama. Misalnya saja mailing list yang berisi penggemar anggrek, pencinta game, dan lain-lain. Untuk dapat ikut serta ke dalam mailing list ini kita cukup mendaftar ke mailing list yang sesuai dengan kemauan Anda.

Spam

Spam adalah email yang tidak dikehendaki dan biasanya pengirimnya tidak ada dalam buku alamat email Anda.. Biasanya email ini berisi promosi terhadap suatu barang, bahkan kebanyakan email spam ini berisi tentang penipuan. Maka berhati-hatilah jika Anda menerima email yang pengirimnya tidak dikenal. Untuk mengatasi email spam ini, biasanya terdapat fasilitas filter untuk menyaring email mana saja yang dapat masuk ke alamat email kita.

CC

Adalah fasilitas yang bisa digunakan untuk mengirim tembusan ke alamat email lain dimana alamat penerima email yang Anda tulis di layanan CC bisa dilihat oleh semua penerima email.

BCC

Adalah fasilitas yang bisa digunakan untuk mengirim tembusan ke alamat email lain dimana alamat penerima email yang ditulis di layanan BCC tidak bisa dilihat oleh penerima email yang lain.

BUKU ALAMAT

Adalah fasilitas dimana  Anda bisa menyimpan alamat-alamat email dan bisa melihatnya sewaktu-waktu. 

Selain bisa digunakan untuk berkirim kabar, email juga bisa digunakan untuk mengirim dokumen dalam bentuk file komputer. Misalnya saja file gambar, lagu, software, dan masih banyak lagi. Anda bisa menambahkan file-file tersebut ke dalam email yang dikirim.

Untuk memilih penyedia layanan email yang tepat, disarankan untuk memilih layanan email gratis terlebih dahulu seperti yahoo atau gmail yang banyak digunakan orang. Jika layanan email gratis ini masih dirasa kurang, silakan memilih layanan email berbayar dengan mengetahui terlebih dahulu fasilitas atau layanan apa saja yang akan didapatkan. 


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Berkirim Surat Menggunakan Email
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...