Buku Elektronik, Teknologi Buku Digital

Bookmark and Share

Buku elektronik atau dalam bahasa Inggrisnya e-book adalah buku dalam versi digital atau elektronik. Pada umumnya, buku biasa terdiri atas kumpulan kertas yang berisikan teks atau gambar, sedangkan buku elektronik berisikan informasi berupa teks atau gambar dalam format digital. Dewasa ini, buku elektronik (e-book) diminati karena ukurannya yang kecil jika dibandingkan dengan buku biasa.

Umumnya, buku elektronik (e-book) memiliki fitur pencarian sehingga kata-kata yang ada dalam buku elektronik bisa dengan cepat dicari dan ditemukan. Buku elektronik (e-book) terdiri atas beberapa format yang cukup populer, antara lain teks polos, pdf, jpeg, lit, dan html. Setiap format memiliki kelebihan dan kekurangan. Selain itu, format tersebut bergantung pada alat yang digunakan untuk membaca buku elektronik itu.

Salah satu bentuk usaha untuk melestarikan sumber bacaan berbentuk buku yang jumlahnya banyak dan membutujkan biaya perawatan yang mahal adalah dengan cara melakukan perpindahan format dari bentuk buku konvensional ke bentuk buku elektronik. Dengan melakukan hal ini, akan ada banyak ruang dan upaya yang bisa dihemat untuk merawat sumber bacaan tersebut.

Buku elektronik terdiri dari beberapa format yang banyak digunakan. Umumnya, format yang digunakan bergantung pada ketersediaan berbagai buku elektronik dalam format tersebut dan mudahnya piranti lunak yang dipakai untuk membaca jenis format buku elektronik tersebut. Berikut ini penjelasan mengenai format buku elektronik (e-book).

Teks polos atau plain text format yang paling sederhana dari buku elektronik. Format ini hampir bisa dilihat dalam segala piranti lunak menggunakan komputer personal. Untuk beberapa divice mobile format, bisa dibaca dengan menggunakan piranti lunak yang harus diintal terlebih dahulu.

Format pdf merupakan format yang cukup banyak digunakan sebagai format buku elektronik yang mayoritas berisi teks. Format ini memiliki kelebihan dalam hal format yang siap cetak. Bentuk format ini mirip dengan bentuk buku sebenarnya (konvensional). Selain itu, format pdf memiliki fitur pencarian, daftar isi, bisa memuat gambar, pranala luar, dan multimedia.

Format jpeg merupakan format yang dikhususkan untuk gambar, tetapi format ini bisa digunakan sebagai format buku elektronik. Format ini memiliki ukuran yang besar dibandingkan informasi teks yang dikandungnya. Oleh karena itu, format jpeg umumnya populer sebagai format buku jenis komik atau manga yang didominasi oleh gambar. Untuk buku elektronik (e-book) yang didominasi teks, format ini  kurang diminati.

Format LIT merupakan format dari Microsoft Reader. Format ini memungkinkan teks dalan buku elektronik (e-book) dapat disesuaikan dengan lebar layar divice mobile yang dipakai untuk membacanya. Format LIT memiliki kelebihan dalam bentuk huruf yang nyaman untuk dibaca.

Dalam format html, gambar dan teks dapa diakomodasi secara bersama-sama. Tata letak (layout) tulisan dan gambar dapat diatur. Akan tetapi, hasil yang telah jadi dalam layar kadang tidak sesuai jika dicetak.

Format ini dikenal juga sebagai OPF FlipBook. OPF adalah suatu format buku elektronik yang berbasis pada XML yang dibuat oleh sistem buku elektronik. Buku elektronik (e-book) dalam format ini dikenal saat FlipBook sebagai piranti lunak penyedia menampilkan buku dalam format 3D yang dapat dibuka-buka (flipping).

Saat ini, untuk melihat buku elektronik (e-book) dalam format OPF agar diperoleh rasa benar-benar membuka buku (flipping experience), diperlukan piranti lunak penyaji pada klien atau pengguna.


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Buku Elektronik, Teknologi Buku Digital
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...