Dasar Teknologi Informasi di Dunia Bisnis

Bookmark and Share
Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang berhubungan dengan pengolahan data menjadi suatu informasi. Konsep dasar teknologi informasi berhubungan erat dengan sistem informasi. Sistem informasi adalah suatu kumpulan komponen yang berhubungan dengan proses penyaluran informasi.

Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi telah membawa dunia memasuki era baru yang sedemikian cepat. Ada empat era penting sejak ditemukannya komputer sebagai alat pengolah data.

1. Era Perkembangan Teknologi Komputer

Era ini dimulai pada awal 1960. Komputer berfungsi sebagai alat yang hanya mendukung proses administratif untuk perkantoran.

2. Era Komputerisasi

Era ini dimulai sekitar 1960-an ketika minikomputer dan mainframe diperkenalkan ke perusahaan-perusahaan sehingga banyak sekali perusahaan yang memanfaatkannya untuk keperluan pengolahan data.

Penggunaan komputer pada masa itu ditujukan untuk efisiensi waktu dan biaya karena terbukti, pada pekerjaan-pekerjaan tertentu, penggunaan komputer sangat berperan banyak.

3. Era Teknologi Informasi

Periode ini dimulai pada awal 1970-an. Teknologi PC (Personal Computer) mulai diperkenalkan. Dengan seperangkat komputer yang dapat ditaruh di meja kerja, seorang karyawan dapat memperoleh informasi yang telah diolah oleh komputer.

4. Era Sistem Informasi

Era ini diperkenalkan pada awal 1980. Era ini lebih menekankan pada unsur sistem informasi karena komputer dan teknologi informasi merupakan komponen yang sangat berkaitan erat.

Era ini menuntut penciptaan dan penguasaan informasi harus dilakukan secara teratur, cepat, dan terus-menerus ke tempat-tempat yang membutuhkan. Penyaluran informasi dianalogikan sebagai darah dalam tubuh manusia yang harus terus-menerus mengalir, menyalurkan darah ke tempat-tempat yang membutuhkan darah.

Senjata Persaingan Bisnis

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi informasi yang demikian cepat tidak hanya mengubah cara orang berkomunikasi dan bekerja, tetapi lebih jauh lagi telah membuat sebuah alam persaingan baru.

Pendapat bahwa teknologi informasi merupakan senjata utama persaingan global adalah hal yang tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Telah tampak fenomena bahwa hampir di seluruh negara besar di dunia, perusahaan-perusahaan besar yang telah bertahun-tahun berjaya pada akhirnya harus gulung tikar.

Hal ini terjadi karena mereka tidak dapat bersaing dengan perusahaan baru yang relatif memiliki skala lebih kecil. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah perkembangan teknologi telah dapat menembus batas ruang dan waktu.

Perusahaan-perusahaan kecil tersebut mengalahkan perusahaan-perusahaan besar dengan mengimplementasikan kekuatan teknologi informasi dalam setiap aspek perusahaan. Mereka memiliki sejumlah praktisi teknologi informasi ahli dari berbagai disiplin ilmu komputer untuk menjalankan perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain.


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Dasar Teknologi Informasi di Dunia Bisnis
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...