Definisi Teknologi Informasi: Tidak Melulu Komputer

Bookmark and Share

Jika dahulu leluhur kita berikirim surat dengan merpati atau juga mengirim utusan yang bisa tiba dan dibalas berbulan-bulan, maka hari ini berkirim surat bisa dilakukan secepat kilat. Jika dulu untuk mengetahui sebuah pristiwa kondisi di luar daerah kita harus berkunjung, maka kini cukup duduk manis di rumah dan kita sudah disuguhi informasi dari dunia mana pun.

Begitulah peranan teknologi yang sangat membantu dalam penyampaian informasi. Kita lalu mengenalnya dengan teknologi informasi. Apa sebenarnya definisi T I (teknologi informasi) itu?  Apakah benar teknologi informasi itu selalu identik dengan komputer?

Rekayasa

Jika ditelisik secara kata, maka teknologi informasi susunannya terdiri dari kata teknologi dan kata informasi. Teknologi hanya semacam perangkat, sementara penciptanya sendiri adalah manusia.

Jadi, bicara teknologi informasi maka tak akan bisa lepas dari upaya atau hasil rekayasa yang dilakukan manusia dalam hal penyampaian pesan atau informasi antara si pengirim dan si penerima. Tujuannya agar prosesnya lebih cepat sampai, cepat meluas infonya, tetapi lebih lama dalam hal penyimpanan arsipnya.

Sejarah

Dalam konteks sejarah, maka sebenarnya bahasalah alat teknologi yang pertama kali dimiliki manusia. Begaimana tidak, pada peradaban manusia awal masa, komunikasi hanya disampaikan dengan bahasa dalam hal ini adalah bahasa lisan. Dari sini orang lain akan mengerti satu sama lain.

Hanya saja bahasa yang sudah diucapkan kepada si pendengar bersifat sementara karena memang tidak tersimpan dalam sebuah file khusus. Selain itu, proses penyebaranannya juga sangatlah terbatas. Hanya si penerima atau orang-orang di sekelilingnya yang memang kebetulan mendengarkan juga.

Pada akhirnya, semua bahasa itu akan hilang pelan-pelan. Setelah bahasa lisan ini, barulah kemudian berkembang ke fase gambar. Gambar ini kemudian dibawa-bawa untuk bisa dipahami sehingga kita mengenal adanya alfabet dan angka arabik yang kemudian mempermudah jalur informasi dari sebelumnya.

Hingga kemudian datanglah erah teknologi percetakan yang bisa menjangkau pesan lebih luas, diusul dengan teknologi elektronik semisal radio, televisi, dan komputer. Hingga hari ini masih terus berkembang dan berkembang. Lalu pertanyaannya adalah, apakah definisi teknologi informasi itu? Apakah semua teknologi informasi itu semuanya berkaitan dengan komputer?

Definisi

Untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas, maka di sini akan disuguhkan beberapa definisi dari teknologi informasi itu sendiri dari para ahli. Di antaranya:

•  Haag dan Keen (1996):

Haag dan Keen mengatakan, teknologi informasi merupakan seperangkat alat yang mampu membantu manusia dalam hal bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

•  Martin (1999):

Martin berpandangan, teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer dalam hal ini baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi selain komputer.

•  Williams dan Swayer (2003):

Adapun Williams dan Swayer mengatakan, teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan sitem komputasi atau komputer dengan jalur komunikasi high speed yang membawa data, suara dan juga dalam bentuk video.

Nah, dari definisi tersebut maka dipahami bahwa teknologi informasi itu tidak identik dengan komputer saja. Tetapi merangkum alat telekomunikasi lainnya semisal ponsel, radio, televisi dan lain-lain.


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Definisi Teknologi Informasi: Tidak Melulu Komputer
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...