Dunia Penuh Robot

Bookmark and Share

Menonton atau membaca kisah-kisah tentang kehidupan robot selalu membuat kita terpesona. Sejak kanak-kanak kita sudah disuguhkan dengan cerita Robot Doraemon dan Astro Boy yang begitu fenomenal sampai sekarang. Film-film tentang robot seperti terminator juga selalu diminati masyarakat. Ada sebuah film yang mengisahkan bahwa ribuan tahun mendatang, fungsi manusia akan digantikan oleh robot. Waw! Tentu menyeramkan, bukan? Kalau begitu, populasi manusia akan semakin tipis, dong? Tenang saja… mudah-mudahan itu hanya menjadi cerita belaka.

Bila dulu dianggap sebagai sesuatu yang mustahil dan hanya khayalan, kini robot menjadi sesuatu yang nyata dan bergerak. Mari kita mengenal robot lebih dalam lagi demi ilmu pengetahuan manusia yang terus meningkat. Tapi jangan dulu Anda berharap melihat robot hebat seperti Doraemon, Astro Boy atau Terminator. Meskipun begitu, baru-baru itu ada robot menyerupai tangan manusia, robot yang diberi kulit dan daging buatan lengkap dengan sendi-sendinya. Namun hanya berupa tangan saja tanpa badan yang utuh.

Robot adalah alat mekanik yang menyerupai manusia atau binatang. Sejak dulu tujuan dibuatnya sebuah robot adalah untuk membantu aktivitas manusia. Bila dulu robot hanya berjalan dengan roda dan tidak bisa mengeluarkan suara, kini robot sudah mempunyai tangan, kaki dan mengeluarkan suara. Tentu saja suara-suaranya masih berupa sistem sederhana yang diprogram oleh si pembuat robot.

Sekelumit Tentang Robot

Sekitar abad ke 18 di Cekoslowakia, Karel Capek memperkenalkan istilah robot dalam karyanya yang berjudul Rossum’s Universal Robots. Robot sendiri berasal dari kata Robota yang artinya budak atau kerja paksa. Kata robot pun menggantikan kata budak mekanika untuk barang-barang mekanik yang membantu kegiatan manusia.

‘Dunia robot’ juga sudah menjelajahi Indonesia. Terbukti pada tanggal 25 April 2010 kemarin, tim pembuat robot dari Indonesia berhasil memenangkan medali emas dalam pertandingan Robogames 2010 di Amerika Serikat. Para pejuang robot ini berasal dari Universitas Komputer Indonesia dan membawa robot DU-114, robot pemadam kebakaran, untuk diperlombakan.

Jenis Robot

Ada beberapa jenis robot yang bisa Anda kenal. Di antaranya yaitu : Robot Mobile, yaitu teknik robot paling awal. Robot menggunakan roda untuk bergerak. Robot ini paling mudah dibuat. Kemudian Robot Jaringan yang gerakannya diatur oleh internet. Lalu Robot Manipulator, robot yang hanya berupa tangan yang biasanya membantu kegiatan pabrik atau industri mesin/otomotif. Selanjutnya ada robot Humanoid, yang diciptakan khusus untuk meniru manusia.

Selain itu ada Robot berkaki. Yaitu robot yang sudah diberi kaki dan bisa berjalan layaknya manusia dan hewan. Kemudian ada Flying Robot dan Underwater Robot atau Robot dalam air.

Berbagai jenis robot diciptakan pada dasarnya memang untuk membantu kegiatan manusia yang berbahaya semisal mengecek bawah tanah, pekerjaan mengebor minyak, pekerjaan berulang yang melelahkan dan lain sebagainya. Namun sebaiknya manusia tidak terlalu bergantung kepada robot. Tentu kita semua tidak ingin cerita robot menguasai manusia menjadi suatu kenyataan. Kitalah yang menguasai teknologi bukan teknologi yang menguasai kita.


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Dunia Penuh Robot
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...