Dunia Teknologi Informasi Komputer

Bookmark and Share

logo anne ahiraAsian Brain Support$("#boxes").load("#dialog"); Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Perkembangan teknologi informasi mulai pesat sejak adanya revolusi informasi. Revolusi informasi melahirkan peradaban baru dalam infomasi, sehingga dapat mempermudah seseorang untuk saling berhubungan dan meningkatkan mobillitas sosial, di samping dapat mengatasi jarak, ruang dan waktu.

Revolusi informasi ditandai salah satunya dengan kehadiran teknologi informasi komputer. Komputer berasal dari bahasa Latin computare yang artinya menghitung. Pada awalnya, komputer pertama yang dirancang digunakan untuk menghitung. Komputer pertama ini inspirasinya diambil dari alat hitung tertua di dunia ”Abaccus” pada 300 SM.

Konsep komputer yang pertama dirancang oleh Howard G. Aitken (1937). Dengan bekerjasama dengan IBM (Internasional Business Machine Corp.), berhasil membuat sebuah mesin yang bekerja dengan tenaga elektromagnetik yang disebut Harvard Mark-1. Komputer ini merupakan komputer generasi pertama yang memiliki berat sampai 5 ton, dengan kemampuan membuat kalkulasi angka 23 digit selama 6 detik.

Seiring perkembangan ilmu teknologi, lahirlah komputer generasi kedua, ketiga, dan sampai komputer yang kita gunakan saat ini. Seiring itu pula komputer dilengkapi dengan jaringan. Pada 1973, jaringan komputer ARPANET berkembang luas.

Setahun kemudian lebih dari 100 komputer yang tergabung di ARPANET membentuk sebuah network. Karena jaringan komputer yang semakin banyak, maka dibutuhkan protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Maka pada 1982, dibentuk Transmission Control Protokol/Internet Protokol (TCP/IP) yang kita kenal hingga saat ini.

Terkahir, pada 1992 Tim Berners Lee menemukan program yang bisa menjelajah antar komputer. Program ini kita kenal dengan www (world wide web) yang kemudian memunculkan istilah surfing atau browsing.

Melalui www ini kita bisa mendapatkan berbagai informasi yang kita butuhkan untuk kemudahan dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Dengan hanya menyalakan komputer dan memanfaatkan jaringan di dalamnya kita bisa menjelajah tanpa dibatasi oleh jarak, ruang dan waktu.

Jaringan komputer sangat bermanfaat untuk berbagai kebutuhan kita. Ada dua manfaat komputer, yaitu bagi perusahaan dan untuk umum.

Manfaat jaringan komputer bagi perusahaan:

Dapat berbagi sumber, yang bermanfaat agar seluruh program, khususnya data, bisa dipakai setiap orang pada jaringan tersebut tanpa dipengaruhi oleh posisi sumber dan pemakai.Memiliki keandalan tinggi yang bermanfaat karena semua file dapat disalin (back up) ke semua mesin sehingga jika salah satu mesin mati, file tetap dapat diakses dari mesin lain yang masih aktif.Lebih hemat. Komputer yang kecil memiliki rasio harga dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer berukuran besar. Misalnya, kecepatan komputer mainframe 10 kali lebih cepat daripada komputer pribadi, namun harga mainframe 10 kali lebih mahal.

Manfaat jaringan komputer untuk umum:

Akses ke informasi yang berada di tempat lain, seperti berita hari ini, informasi dari pemerintahan, dunia bisnis, perekonomian, semuanya up to date.Memudahkan komunikasi antar orang ke orang, seperti email, chatting, video conference, jaringan sosial dan sebagainya.Dapat memberikan hiburan yang interaktif, seperti menonton acara tv online, radio streaming, mengunduh film dan lagu. Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Dunia Teknologi Informasi Komputer
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...