Inovasi Teknologi Informasi di Dunia Pendidikan

Bookmark and Share

logo anne ahiraAsian Brain Support$("#boxes").load("#dialog"); Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Kemajuan teknologi telah membuat dunia pendidikan ikut “berlari” mengikuti. Keberadaan teknologi informasi juga semakin memudahkan penyebaran informasi ilmu pengetahuan terbaru ke seluruh penjuru dunia dalam waktu singkat. Hal ini seakan “memaksa” para pengajar untuk selalu meng-update kabar paling anyar di bidang pendidikan yang mereka tekuni secara berkala.

Selain informasi terbaru, keberadaan internet juga membawa inovasi di dalam dunia pendidikan. Inovasi yang dimaksud adalah sebuah perubahan dari situasi awal menuju ke situasi baru yang lebih baik daripada sebelumnya.

Seseorang yang berkecimpung di dunia pendidikan sudah seharusnya melakukan inovasi dan pembaruan. Inovasi diperlukan bukan hanya untuk kepentingan siswa, sehingga mereka merasa bahagia dengan pelajaran yang mereka ikuti, namun inovasi juga penting bagi seorang pendidik. Sebab, selain mematangkan pengalaman dan menambah pengetahuan, juga untuk meringankan kejenuhan dalam pengajaran.

Macam-Macam Inovasi Teknologi Informasi

Ada tiga macam inovasi teknologi informasi yang bisa Anda gunakan untuk menambah kompetensi dalam proses belajar mengajar, sekaligus mengakrabkan siswa dengan dunia teknologi informasi, yaitu:

1. Inovasi ide atau gagasan

Anda bisa memasukkan setiap ide atau gagasan Anda tentang dunia pendidikan melalui blog atau web pribadi Anda. Bahkan bila Anda tidak mampu hadir di dalam proses belajar mengajar semisal ada tugas dari atasan, Anda tetap bisa mengunggah tugas di blog Anda dan meminta siswa-siswi Anda untuk mengunduhnya.

Ini adalah inovasi teknologi informasi yang cukup membantu Anda dalam transfer pembelajaran. Anda dapat memasukkan sebuah artikel misalnya “Bioteknologi” di dalam blog untuk diunduh dan didiskusikan oleh siswa-siswi Anda. Hal ini selain meningkatkan kualitas dan keterampilan Anda di bidang teknologi informasi, juga demi mendekatkan siswa dengan dunia teknologi informasi.

2. Inovasi praktik atau metode pengajaran

Sebagai pengajar, Anda tentu tidak ingin menjadikan siswa-siswi Anda merasa payah terhadap metode pengajaran yang Anda sampaikan. Kepenatan akan metode pengajaran yang Anda berikan, akan membuat siswa-siswi Anda antipati terhadap pelajaran Anda, sehingga penerimaan informasi yang mereka dapatkan tidak optimal.

Anda dapat memodifikasi cara mengajar Anda dengan tipe-tipe pengajaran baru yang ada di internet. Metode Jigsaw, STAD, CIRC, P4QR, dan sebagainya, bisa membuat kondisi kelas Anda lebih hidup dan interaktif. Silakan Anda mencari kata kunci metode pengajaran tersebut melalui mesin pencari di dunia maya. Anda akan menemukan nuansa baru di dunia pendidikan yang lebih menyenangkan.

3. Inovasi produk atau software pendidikan

Anda juga bisa berinovasi dengan menciptakan sebuah produk atau software pendidikan yang mempermudah pemahaman siswa dan siswi Anda. Sebagai contoh, Anda dapat membuat sebuah laboratorium virtual dengan keterampilan komputer yang Anda miliki.

Andaikata waktu pembelajaran tidak cukup panjang, Anda masih bisa memanfaatkan laboratorium virtual online di dunia maya untuk membantu proses belajar mengajar. Dari laboratorium online tersebut, Anda bersama siswa-siswi Anda masih mampu menghasilkan sebuah karya, yaitu dengan menyusun presentasi atau modul praktikum dari laboratorium virtual yang telah Anda pelajari bersama-sama.

Jadi tunggu apa lagi, selamat berinovasi dengan teknologi informasi untuk memajukan pendidikan Indonesia.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Inovasi Teknologi Informasi di Dunia Pendidikan
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...