Macam-Macam Teknologi Informasi dan Komunikasi Era Modern

Bookmark and Share

Teknologi informasi dan komunikasi adalah alat-alat hasil perkembangan teknologi yang dipergunakan dalam pengumpulan, pengolahan, dan penyaluran informasi sebagai salah satu proses komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang sesuai zamannya. Berikut macam-macam teknologi informasi dan komunikasi pada era modern, yaitu era setelah masa sejarah atau mulai dikenalnya tulisan.

Mesin Cetak

Mesin cetak pertama dibuat oleh Johann Guttenberg. Menggunakan plat huruf dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai kayu.

Analytical Machine

Diciptakan oleh Charles Babbage. Mesin ini memiliki kemampuan untuk memasukkan data, mengolah data, serta mengeluarkan bentuk outputnya berupa kartu. Dengan mesin ini pula, Augusta Lady Byron menulis sebuah program komputer pertama di dunia. Mesin ini mengilhami terciptanya mesin digital satu abad sesudahnya, yaitu komputer digital pertama yang disebut ENIAC I.

Telegraf dan Kode Morse

Diciptakan pada 1873 oleh Samuel Morse bersama dua kawannya. Mereka berhasil mengirimkan berita melalui kabel dengan menggunakan kode morse yang berupa denyutan listrik di antara dua tempat berjauhan.

Film

Film pertama diciptakan pada 1861 sebagai alat komunikasi untuk mengungkapkan gagasan yang ada atau menyampaikan pesan kepada orang banyak.

Pesawat Telepon dan Fotografi

Diciptakan pada 1877 oleh Alexander Graham Bell yang dikembangkan untuk dipergunakan secara umum. Sementara fotografi, ditemukan oleh Edward Maybridge, yaitu fotografi dengan kecepatan tinggi.

Pita Penyimpan Magnetis

Ditemukan pada 1899. Sistem penyimpanan ini terbuat dari pita plastik kuat, sementara sisi lainnya dilapisi bahan magnetik sejenis iron oxide.

TV Tabung

Diciptakan oleh Zvorkyn pada 1923. Masih mempergunakan tabung vakum sebagai komponen elektroniknya.

Media Penyimpam Magnetic Tape

Diciptakan pada 1940, mulai dikembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.

Hypertext

Hypertext adalah sistem pengkodean yang dikembangkan oleh Vannevar Bush. Pengkodean ini dapat menciptakan halaman-halaman web yang digunakan dalam internet.

Komputer Digital

Komputer digital pertama diciptakan pada 1948 dengan nama ENIAC I yang terinspirasi oleh ditemukannya analytical machine.

Transistor

Dikembangkan pada 1948 untuk mengganti tabung vakum agar bentuknya menjadi lebih kecil, lebih hemat energi, dan tidak menimbulkan panas berlebih.

Transistor Planar

Pada 1957, dikembangkan komponen elektronik transistor planar oleh Jean Hoerni. Dengan teknologi ini, jutaan transistor dapat dimasukkan ke dalam satu keping kecil krisal silikon.

Jaringan Komputer Desentralisasi

Pengembagan sistem jaringan desentralisasi oleh RAND yang bertujuan mengendalikan sistem pengeboman dan peluncuran kendali dalam perang nuklir.

Jaringan Komputer Pertama

Pada 1969, ditemukan sistem jaringan komputer pertama di Amerika Serikat yang dibentuk dengan menghubungkan empat titik, yaitu Universitas of California, SRI (Stanford), University of Utah, dan University California of Santa Barbara, dengan kekuatan sebesar 50 Kbps.

Email

Ditemukannya program surat secara elektronik berupa pesan text atau email di awal kemunculannya. Ray Tomlinson menciptakannya pada 1972.

Internet

Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah karya tulis mengenai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Setelah itu, dikembangkan sebuah protokol jaringan dengan nama sama oleh grup DARPA. Pada 1981, dikembangkan CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.

Pada 1986, IERF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat untuk melakukan koordinasi antara DARPA, ARPANET, DDN, dan internet gateway.

Pengembangan Teknologi Internet dan Komputer

Dimulai sejak 1991 ketika perusahaan CERN mengembangkan sistem bisnis IT untuk pertama kali. Pada 1992, dibentuk kelompok pengguna internet. Selain itu, muncul pula istilah World Wide Web (www). Pada 1993, mulai dikembangkan jasa internet, termasuk penyediaan jasa direktori, penyimpanan data, serta database oleh perusahaan AT&T.

Sejak itulah, internet mengalami kemajuan pesat dan mulai memasuki berbagai segi kehidupan manusia. Seiring perkembangan internet, kebutuhan komputer dengan teknologi canggih muncul beriringan. Oleh karena itu, perkembangan internet tidak bisa lepas dari perkembangan komputer, termasuk jenis-jenis software yang semakin banyak dan beragam.


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Macam-Macam Teknologi Informasi dan Komunikasi Era Modern
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...