Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengajaran Bahasa Inggris

Bookmark and Share

logo anne ahiraAsian Brain Support$("#boxes").load("#dialog"); Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Cukup sulit menaklukkan anak zaman sekarang. Teman terdekatnya adalah handphone. Mereka akan menggunakan handphone di mana pun dan kapan pun. Tidak peduli sedang belajar di kelas sekali pun. Setelah handphone, teman akrabnya yang lain adalah internet. Acara online mengalahkan segalanya. Lalu, bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dalam pengajaran terutama bahasa Inggris?

Tidak dapat dipungkiri bahwa mbah Google, ibu Wikipedia, Om Youtube, dan search engine serta website-website yang berbagai macam bertaburan di internet adalah wadah bertanya anak-anak bahkan ‘teman terpercaya’ mereka. Nah, ibu dan bapak guru, masukilah ‘dunia’ anak-anak itu.

Nikmatilah ‘dunia’ itu seperti mereka menikmatinya. Tanggung asyik dan kadang ikut terlena. Apalagi kalau menemukan ‘barang’ baru yang membuat lupa bahwa kita punya tanggung jawab mengajar.

Apa sajakah yang bisa dilakukan dengan teknologi informasi dalam pengajaran bahasa Inggris. Pertama, tentukan tujuan pengajaran. Lalu, cari dari permainan yang menarik yang dapat dijadikan sebagai motivating strategies (strategi memotivasi siswa sebelum masuk ke inti pelajaran hari itu). Misalnya tujuan pengajaran adalah siswa mampu membuat berita dan mempresentasikannya.

Tugas guru adalah mempresentasikan apa saja yang harus dilakukan dalam pembuatan berita. Contohnya, mencari berita yang dapat mencerdaskan masyarakat, menyiapkan gambar, video. Lalu membuat script berita dan berlatih cara membacanya.

Setelah menerangkan semua itu, lalu mintalah anak untuk mencari berita di Yahoo, Google atau Youtube, atau koran digital. Bila semua sudah siap, jangan lupa rekamlah semua gaya anak-anak dalam membawakan berita. Bila sudah selesai, diskusikanlah. Untuk penampil yang baik, tidak ada salahnya untuk meng-upload-nya ke Youtube. Serukan?

Selain itu, teknologi informasi bisa sebagai wahana menambah wawasan dan kemampuan membaca anak. Misalnya, untuk level intermediate atau high intermediate, mintalah anak mencari topik-topik bacaan yang berkaitan dengan tema bacaan pada hari itu.

Lalu buatlah ‘A I-wanna-share program’. Program ini akan membuat anak berusaha untuk membagikan pengetahuan apa yang dia punya. Berilah anak-anak motivasi bahwa berbagi itu indah dan membahagiakan. Mintalah mereka untuk mencari informasi yang tidak hanya akan mengayakan mental mereka sendiri, tapi juga jiwa orang lain.

Untuk writing atau menulis, penggunaan fasilitas chatting yang ada di facebook dan YM dapat dimanfaatkan. Anjurkanlah mereka untuk berteman dengan beberapa orang dari belahan bumi lain. Ini akan memberikan gambaran bahwa di dunia ini begitu banyak variasi bahasa Inggris yang sering juga disebut ‘World Englishes’.

Misalnya, Singlish, Chinglish, dan lain-lain. Pengetahuan ini akan membuat tingkat toleransi anak semakin tinggi. Selain toleransi, rasa percaya diri anak pun akan meningkat karena mereka tidak malu menggunakan bahasa Inggrisnya.

Belajar Listening lebih mudah lagi. Youtube adalah sumber yang cukup baik untuk mengajarkan pronunciation, stress, intonasi, dan contoh presentasi. Game juga banyak berhamburan di internet. Tinggal dipoles, semua bisa menjadi alat bantu mengajar bahasa Inggris. Tunggu apalagi, nikmatilah fasilitas teknologi informasi yang ada.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengajaran Bahasa Inggris
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...