Pemanfaatan Teknologi Komputer di Bidang Pendidikan

Bookmark and Share

logo anne ahiraAsian Brain Support$("#boxes").load("#dialog"); Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Tahukah Anda betapa besarnya pemanfaatan teknologi komputer di bidang pendidikan? Teknologi komputer merupakan bidang pendukung bagi bidang lain dalam kehidupan. Mungkin bisa dikatakan bagi mereka yang mengetahui betapa berharganya informasi, bahwa teknologi komputer menjadi kebutuhan yang dibutuhkan keberadaannya sehari-hari. Pemanfaatan teknologi komputer bukan hanya sebatas di perusahaan atau bisnis, tapi juga digunakan dan dimanfaatkan pada bidang pendidikan. 

Jika sebelumnya pemanfaatan teknologi komputer di bidang pendidikan hanya sebagai salah satu pelajaran yang harus dipelajari. Tapi perlahan waktu, teknologi komputer adalah media pendukung dari pembelajaran yang berjalan dalam proses belajar-mengajar didalam institusi pendidikan.

Banyak bentuk keberadaan dari pemanfaatan teknologi komputer di bidang pendidikan. Mengingat komputer bukan hanya sebentuk hardware, tapi juga membawa beragam aplikasi yang terdapat dalam komputer tersebut. Keberadaan teknologi komputer menjadi sarana belajar tersendiri. Karena masa depan, kebutuhan akan keahlian komputer sangatlah banyak.

Bentuk-bentuk pemanfaatan teknologi komputer di bidang pendidikan. Beberapa diantaranya.

Mempelajari hardware komputer yang merupakan pengetahuan dasar bagi para pelajar.
Mengakses informasi melalui teknologi internet yang dibawa dan dilalui oleh komputer.
Memanfaatkan aplikasi-aplikasi sebagai media pengajaran yang membuat bagi para pelajar dapat menikmati pembelajaran yang lebih interaktif. Seperti halnya menggunakan aplikasi presentasi seperti Micosoft powerpoint atau OpenOffice Presentation. Menggunakan animasi, yaitu menggunakan teknologi Adobe Flash.
Memanfaatkan aplikasi yang tersedia dan memang ditujukan untuk mata pelajaran tertentu. Misal, terdapat aplikasi yang mendukung pelajaran matematika untuk berhitung, pelajaran kimia yang berisi daftar tabel unsur-unsur kimia, atau fisika yang menampilkan rumus dan analogi yang memudahkan bagi pelajar.

Bahkan aplikasi-aplikasi berbasis teknologi komputer ini bukan hanya untuk kalangan pendidikan tingkat atas, melainkan terdapat pula aplikasi-aplikasi teknologi komputer untuk TK (Taman Kanak-kanak), bahwa pra-TK pun tersedia.

Akses Informasi

Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi komputer di bidang pendidikan yang paling besar adalah keberadaan internet. Internet telah membuat pelajar dapat mengakses informasi yang lebih luas, cepat dan tanpa terhalangi jarak. Informasi-informasi yang mungkin tidak didapatkan melalui buku teks di institusi pendidikan bisa didapatkan melalui internet. Bukan hanya bagi para pelajar tapi para pengajar pun merasakan manfaat dari keberadaan internet yang bagian dari teknologi komputer. 

Walau begitu keberadaan internet dalam pemanfaatan teknologi komputer di bidang pendidikan dapat menjadi bumerang pula bagi para pelajar yang masih dalam tahap mengenal. Karena, melalui internet semua informasi terbuka dan mudah didapatkan. Sisi positifnya, hal-hal yang sifatnya terbaru dalam hal ilmu dan pengetahuan akan lebih mudah didapatkan. Sisi negatifnya, konten-konten yang bersifat tidak mendidik pun mudah pula didapatkan. Oleh karena itu, peran pengajar dan orang tua sangatlah penting dalam mengoptimalkan keberadaan internet dalam bidang pendidikan.  

Pentingnya pemahaman teknologi komputer telah membuat para pengajar, hingga pembuat keputusan di institusi pendidikan betapa penting teknologi komputer untuk di terapkan, karena pemanfaatan teknologi komputer di bidang pendidikan bukanlah hal yang kecil, melainkan sangatlah besar bagi pengembangan potensi baik untuk para pelajar, pendidik, dan juga bentuk institusi pendidikan tersebut.

Bahan Ajar

Selain akses informasi, kemudahan membuat bahan ajar dalam pengajaran merupakan bagian dari pemanfaatan teknologi komputer di bidang pendidikan. Bentuk kemudahan pembuatan bahan ajar sebagai salah satu contoh sederhana dengan memanfaatkan software atau aplikasi untuk presentasi seperti microsoft powerpoint atau openOffice presentation, atau untuk yang lebih interaktif dapat menggunakan software atau aplikasi animasi flash yang semakin menarik, interaktif dan dinamis.

Animasi dan kedinamisan yang dihasilkan dari pemanfaatan teknologi komputer membuat kegiatan belajar-mengajar lebih hidup dibandingkan tanpa memanfaatkan teknologi komputer.

Pembuatan atau Pengembangan Aplikasi 

Bentuk pemanfaatan teknologi komputer di bidang pendidikan pada institusi tersebut misalnya menggunakan aplikasi pendukung sistem informasi untuk akademik. Aplikasi tersebut bermanfaat misalnya untuk mendata data-data pelajar yang dimiliki oleh institusi pendidikan, absensi, nilai, ujian, hasil akhir dan sebagainya.

Selain sistem informasi akademik, dapat pula sistem informasi asrama jika institusi pendidikan tersebut memiliki asrama. Aplikasi asrama dapat memudahkan dalam manajemen asrama, mengatur anak asuh. Selain itu, aplikasi untuk akunting pada institusi pendidikan sehingga memudahkan bagian keuangan untuk mengatur keluar-masuk biaya pendidikan. Masih banyak aplikasi-aplikasi lain yang bisa dimanfaatkan dalam bidang pendidikan.

Dengan menerapkan teknologi komputer di dalam institusi pendidikan dan jika digunakan dengan kebutuhan atau dalam arti teknologi tepat guna maka akan meningkatkan transparansi, efektivitas, efisiensi dalam institusi pendidikan tersebut. Tapi jika tidak digunakan semestinya, maka akan terlihat hanya membuang-buang biaya dan potensi yang dimiliki teknologi komputer tersebut. Semoga institusi-institusi pendidikan bisa merasakan pemanfaatan teknologi komputer dalam bidang pendidikan dan menerapkan sebaik-baiknya.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Pemanfaatan Teknologi Komputer di Bidang Pendidikan
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...