Pentingnya Informatika Komputer di Era Modern

Bookmark and Share

Informatika komputer (computer informatics) merupakan sistem transformasi berlambang, baik berupa data maupun infomasi yang penyebarannya dilakukan lewat perangkat komputasi. Di era yang serba canggih ini, manusia dituntut untuk menguasai teknologi secara elegan, bukan malah sebaliknya; memusuhi.

Teknologi apapun bukan untuk dihindari karena kehadirannya merupakan keniscayaan, sebaliknya untuk dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Informartics

Informatics yang dalam bahasa Anda sehari-hari disebut sebagai informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari detil transformasi data-data maupun informasi pada mesin yang terkoneksasi secara komputasi.

Lebih jauh, informatika ini membedah struktur, sifat, beserta interaksi yang berperan dalam mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil dari processing suatu data, dan akhirnya menampilkannya dalam bentuk informasi.

Aspek-aspek yang meliputi informatika bisa diperhatikan sebagai berikut:

Ilmu informasi yang memperlajari teknik-teknik cara pengumpulan data, pengolahan, klasifikasi, penyebarluasan informasi yang digunakan untuk sebesar-besarnya kemanfaatan bagi rakyat dan fungsi sosial.Teori informasi ditekankan kepada pembahasan mengenai konsep matematis ihwal suatu informasi.Ilmu komputer dan teknik komputer yang memberikan pelajaran tentang tata cara pemrosesan, pengarsipan, sampai penyebaran informasi dengan menggunakan instrument yang berbasis pada komputerisasi.


Computer Science

Ilmu komputer (computer scince) secara terminologi bisa diartikan sebagai ilmu yang mempelajari mengenai alat-alat komputerisasi baik berupa perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer menaungi berbagai topik yang sangat kompleks mulai dari analisa algoritma sebagai pengetahuan berbasis kuantitatif, sampai pada subjek yang lebih konkret semisal perangkat lunak, perangkat keras, dan bahasa pemrograman.

Fungsi-fungsi ilmu komputer sangat beragam dimana didalamnya Anda bisa mempelajari segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh beberapa program, bagaimana program bisa menganalisa suatu hasil (model algoritma), bagaimana pula suatu program bisa mengambil dan menyimpan bite tertentu dari suatu struktur data, dan bagaimana juga program bisa melakukan komunikasi dengan pengguna.

Urgensi

Jika digabungkan dari dua disiplin diatas, yakni informatika dan komputer, maka akan terjalin integrasi yang keduanya mampu memberikan sumbangsih signifikan dalam membantu berbagai aktivitas kehidupan manusia, khususnya di bidang teknologi informasi. Informatika komputer, tak disangkal lagi mampu memendekkan jarak, mengubah teknis informasi antar manusia di berbagai belahan dunia, sampai mengubah cara pandang dan gaya hidup (life style).

Jika dulu orang hendak memberikan kabar melalui surat yang dikirimkan via pos, maka si calon penerima kabar tersebut harus menunggu beberapa hari dulu sebelum akhirnya informasi tersebut datang. Dalam konteks yang lebih luas, masyarakat dalam suatu komunitas negara, ketika ingin mengetahui situasi keamanan negara tetangga saja harus menunggu dulu orang/delegasi negara yang diutus kesana atau lewat faks yang tentu harus melalui berbagai tahap administratif sebelum akhirnya disampaikan secara luas ke khalayak. Kini, semuanya bisa dipermudah dengan kehadiran informatika komputer.

Dengan informatika komputer, Anda bisa mengakses berbagai berita penting di berbagai negara manapun di seluruh dunia. Memang ada beberapa hal negatif yang ditimbulkan dari masifnya pekembangan teknologi semacam ini, namun manfaatnya akan jauh lebih besar jika manusia sebagai pengguna bijak dalam memanfaatkannya. Akhirnya, segala sesuatu selalu kembali kepada ‘subjek’ sebagai pengguna, bukan ‘objek’ selaku yang digunakan.


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Pentingnya Informatika Komputer di Era Modern
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Borneo08

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...