Sejarah dan Kontroversi Youtube

Bookmark and Share

Entah tidak tahu atau memang malas menulis secara lengkap, banyak pengguna internet yang salah ketik saat mencari sesuatu di mesin pencari. Hal itu juga sering terjadi pada salah satu kata kunci yang banyak dicari orang, yaitu “Youtube”. Untuk menulis kata kunci ini, banyak orang yang hanya mengetikkan kata “Youtub” saja tanpa menggunakan huruf “e” di belakangnya.

Sebenarnya sih ini tidak masalah, toh jika kita tetap mengetikkan kata kunci “Youtub” saja, mesin pencari pasti akan menemukan situs yang kita maksud kok. Tapi bukankah lebih baik, kesalahan itu kita hindari?

Baiklah kita lupakan saja polemik salah ketik, sekarang kita akan membahas apa sih Youtube itu? Youtube adalah sebuah situs ternama yang memberikan layanan upload dan berbagi tampilan video kepada penggunanya.

Melalui situs ini pengguna dimungkinkan untuk menemukan dan menonton video secara gratis, baik melalui situs, tv, maupun ponsel.

Sejarah Singkat Youtube

Perusahaan Youtube diluncurkan pada tanggal 14 Februari 2005 oleh Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim. Ketiga pendirinya merupakan mantan karyawan Paypal yang memiliki latarbelakang di bidang desain dan ilmu komputer.

Pada awalnya perusahaan ini bermarkas di restoran Pizza dan restoran Jepang yang terletak di San Mateo, California. Namun, semenjak Youtube LLC dibeli oleh Google Inc pada bulan November 2006, perusahaan ini telah berpindah kantor di San Bruno, California.

Me at The Zoo merupakan judul video pertama yang di-upload di Youtube oleh salah satu pendirinya Jawed Karim ketika ia berada San Diego Zoo. Hingga kini, video yang di-upload pada hari Sabtu tanggal 23 April 2005 itu masih bisa dilihat dan telah disaksikan hampir 4 juta orang.

Youtube dari waktu ke waktu mengalami perkembangan yang cukup pesat. Pada bulan Mei 2010 saja, Youtube dilaporkan sudah melayani lebih dari dua miliar pengguna dalam sehari. Jumlah angka yang terbilang sangat fantastis!

Kontroversi Youtube

Dalam perkembangannya Youtube ternyata menuai berbagai kontroversi oleh pengguna internet. Youtube pernah dicap sebagai situs yang tidak menghargai hak cipta seseorang, karena dinilai gagal dalam memastikan keabsahan video yang di-upload oleh penggunanya.

Selain itu, beberapa video yang berada di Youtube juga dinilai tidak pantas dipajang karena telah memperlihatkan adegan kekerasan, fitnah, dan pornografi.  

Terlepas dari kontroversi buruk itu, Youtube juga memberi dampak positif jika kita manfaatkan secara benar. Di antara orang yang pernah merasakan manfaatnya baru-baru ini adalah Sinta dan Jojo.

Ya, siapa yang tidak mengenal dua wanita muda asal Bandung ini? Keduanya telah menghebohkan dunia internet dan dunia infotainment setelah aksi menyanyinya di-upload di Youtube. Berkat Youtube kehidupan keduanya telah berubah drastis.

Nah, sekarang bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah akan menjadikan Youtube sebagai ajang promosi, melatih kreatifitas, atau hanya untuk bersenang-senang saja? Jawabannya hanya Anda yang tahu.


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Sejarah dan Kontroversi Youtube
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...