Sejarah dan Perkembangan Teknologi Informasi

Bookmark and Share

Boleh dikata, teknologi informasi sebagai hasil karya rekayasa manusia, telah bermula ketika keberadaan manusia dimulai. Hal ini dapat dibuktikan karena sejak awal peradaban dan ada satu fase yang dinamai kehidupan, manusia telah menggunakan bahasa. Sesederhana apapun itu.

Sejarah Awal

Bahasa adalah teknologi untuk bertukar informasi atau berkomunikasi. Dengan bahasa, seseorang dapat mengerti dan memahami informasi apa yang dimaksud lawan bicaranya. Teknologi untuk menyampaikan informasi kemudian berkembang dengan digunakannya gambar atau lukisan.

Dengan lukisan ini, informasi yang disampaikan dapat disimpan lebih lama dan mudah untuk dikirim kepada orang lain di lain tempat. Hal ini lebih efektif dibanding teknologi bahasa yang awalnya hanya digunakan secara lisan menggunakan suara.

Suara mudah hilang bila telah tersampaikan dan sangat terbatas oleh jarak tempat. Berbeda dengan lukisan, kita dapat menerima informasi yang disampaikan oleh manusia purba zaman prasejarah melalui lukisan abadi yang mereka buat di gua-gua.

Peradaban manusia kemudian menapaki babak teknologi informasi yang menggunakan tulisan ketika bangsa Sumeria pada 3000 SM menggunakan simbol-simbol pictograf sebagai fungsi huruf.

Kira-kira 100 tahun kemudian, bangsa Mesir Kuno menemukan bahasa tulisan yang lebih maju. Huruf hieroglif yang mereka gunakan dapat menggabungkan beberapa simbol berbeda sehingga mempunyai pengucapan dan arti yang lain.

Masa Modern

Sejak ditemukannya kertas pada 105 M oleh bangsa Cina, penemuan alat baru penyampai informasi praktis mengalami kevakuman. Penemuan penting lainnya baru terjadi pada 1455 ketika Johann Gutenberg menemukan mesin cetak.

1830 dan 1837 adalah tahun penemuan program komputer pertama dantelegraph. Program komputer memungkinkan input data, pengolahan data, dan output yang di masa itu hanya berupa produk kartu. Mesin yang memakai program ini menjadi cikal bakal komputer digital walaupun cara kerjanya masih lebih bersifat mekanis.

Telegraph yang menggunakan kode morse memungkinkan pengiriman informasi yang dilakukan secara elektronik antara dua tempat berjauhan dalam waktu sangat singkat. Teknologi penyimpanan data pun berkembang dengan diciptakannya pita tape magnetis pada 1899.

Kemudian, disusul oleh penemuan-penemuan penting lainnya, seperti tabung TV pada 1923, dikembangkannya magnetic tape untuk pengiriman dan penerimaan dokumen militer pada Perang Dunia II, hingga komputer digital pertama ENIAC I yang dikembangkan pada 1946.

Masa Kini

Kemudian, teknologi informasi mengalami perkembangan cepat seiring ditemukannya alat-alat teknologi. Boleh dikata, peradaban manusia mengalami revolusi ketika suatu alat penting baru ditemukan. Teknologi internet yang pada mulanya berupa penemuan militer Amerika Serikat, berkembang di rentang waktu 1973 hingga 1990.

Pada tahun-tahun berikutnya, jaringan internet mengalami kemajuan amat pesat serta dikembangkan dan merasuki berbagai sendi kehidupan manusia. Dunia bisnis, birokrasi, pendidikan, kesehatan, kepolisian, dan perbankan, kini tidak lepas dari teknologi informasi.

Anda dapat berniaga secara online dengan rekan bisnis di luar negeri. Anda dapat mengurus surat-surat pajak dan kependudukan dengan cepat dan transparan. Anda dapat menikmati e-learning, belajar jarak jauh dengan mudah. Anda pun dapat menikmati layanan kesehatan dengan teknologi baru yang menaikkan harapan hidup pasien.

Sebagai nasabah sebuah bank, Anda dapat mentransfer atau mengambil uang di mana pun dan kapan pun. Demikian pula tindakan kejahatan sekarang sangat mudah diungkap dengan teknologi informasi.

Tidak heran jika kemudian banyak pakar berpendapat bahwa kemajuan suatu negara tidak bisa lepas dari tingkat penguasaan teknologi informasi rakyatnya. Anda setuju?


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Sejarah dan Perkembangan Teknologi Informasi
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...