Artikel Tentang Teknologi Informasi: Imbas Buruk Teknologi Informasi dan Komunikasi

Bookmark and Share

logo anne ahiraAsian Brain Support$("#boxes").load("#dialog"); Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Dunia semakin datar dengan adanya layar komputer berjaringan internet dan semakin sempit karena era internet dan ponsel telah memudahkan komunikasi antarmanusia di seluruh dunia. Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaannya sangatlah bermanfaat bagi kemajuan sebuah bangsa. Namun, di sisi lain tetap ada hal-hal buruk yang bisa mengancam pihak lain.

Dalam TIK, generasi muda dan anak-anak kerap menjadi bahasan yang mengkhawatirkan. Selalu ada imbas buruk akibat kemajuan teknologi informasi. Terlebih, kini anak SD pun sudah memiliki ponsel dan akrab dengan jaringan internet. Oleh sebab itu, artikel teknologi informasi sangat diperlukan untuk menjelaskan pada anak mengenai hal yang boleh dan tidak boleh diserap dari kemajuan teknologi informasi.

Makna

Berbicara makna atau definisi TIK, Martin (1999) menjelaskan bahwa sebuah teknologi informasi pada dasarnya tidak terbatas pada pembahasan komputer saja. Dalam hal ini, baik perangkat keras maupun perangkat lunak yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi dalam sebuah komputer.

Selain itu, mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi dan perintah-perintah pada selain komputer. Saat ini, ada beberapa perangkat TIK yang diyakini paling mempengerahi generasi muda dan dan anak-anak, di antaranya sebagai berikut.

Komputer.Handphone.Games online.MP4 player.Televisi.

Kelima perangkat teknologi tersebut hanyalah gambaran sederhana tentang kecenderungan anak-anak memainkannya meskipun banyak juga ditemui anak yang sudah mahir dalam mengembangkan dan mengaplikasikan teknologi yang lebih canggih lagi. Mengingat pengaruh positif TIK ini juga cukup banyak, di sini hanya akan disebutkan pengaruh negatifnya.

Pengaruh Buruk

Seperti halnya aktivitas makan, jika terlalu banyak tentu juga membawa penyakit terhadap tubuh kita sendiri. Hal ini juga berlaku pada dunia teknologi dan informasi. Anak-anak yang dibiarkan mengakses internet secara bebas tanpa pengawasan orang tua cenderung ingin mengetahui hal-hal baru.

Hal baru tersebut juga bisa sesuatu yang berbau seks dan pornografi atau kekerasan dalam sebuah games. Ini tentu sangat membahayakan kejiwaan anak itu sendiri. Selanjutnya, dari sisi kesehatan fisik, anak-anak yang lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer cenderung mengalami kegemukan karena kurang bergerak dan banyak ngemil.

Ini juga berpengaruh bagi kelangsungan generasi muda ke depan. Bayangkan saja, jika kemudian ini sudah menjadi budaya anak-anak kita, secara sumber daya manusia, mereka akan menjadi generasi yang sakit-sakitan secara fisik dan psikis.

Pembatasan

Maka dari itu, seharusnya orang tua lebih perhatian pada anaknya jika berkaitan dengan masalah teknologi. Mengatur waktu mengakses atau mendampingi saat sang anak bermain internet atau TIK dalam bentuk apapun, hingga kini masih menjadi cara ampuh untuk mengurangi dampak buruk tersebut. Masalahnya adalah masih banyak dijumpai orang tua yang kemudian tidak paham dengan dunia komputer. Apalagi, internet.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Artikel Tentang Teknologi Informasi: Imbas Buruk Teknologi Informasi dan Komunikasi
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...