Bagaimana Cara Membuat Facebook

Bookmark and Share

Ingin punya Facebook, tapi tak tahu bagaimana cara membuat Facebook. Tenang, Anda pasti bukanlah satu-satunya orang Indonesia yang tidak tahu cara membuat Facebook. Bahkan, pertanyaan tentang bagaimana cara membuat Facebook ini boleh jadi pernah diungkapkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Sedemikian besarkah pengaruh Facebook bagi masyarakat indonesia, sampai-sampai semua orang pernah menanyakan tentang bagaimana cara membuat Facebook? Sebenarnya, dunia teknologilah yang "memaksa" masyarakat Indonesia melakukan hal tersebut. 

Bukan hanya pertanyaan tentang bagaimana cara membuat Facebook saja yang dilontarkan masyarakat Indonesia. Berbagai hal terkait kemajuan teknologi, khususnya internet selalu menjadi pertanyaan-pertanyaan yang banyak dilontarkan. email, website, blog, Facebook, Twitter, dan berbagai hal lainnya seakan sudah mendapat tempat yang istimewa di hati masyarakat Indonesia.

Nah, dalam kesempatan kali ini, penulis akan membahas salah satu "thread" yang paling popular di masyarakat Indonesia, khusunya kaum remaja, yakni tentang bagaimana cara membuat Facebook. Namun, sebelum membahasnya, sebaiknya kita ketahui terlebih dulu arti dan fungsi Facebook itu.

Facebook adalah salah satu media yang memfasilitasi Anda dalam berbagi informasi. Tak hanya berita, foto dan video pun bisa dibagikan kepada khalayak umum secara gratis, cepat, dan mudah. Oleh karena itu, akun Facebook menjadi hal yang wajib dimiliki. Ya, Facebook adalah sebuah jejaring sosial yang memungkinkan seseorang berinteraksi tanpa batasan jarak dan waktu.

Jawaban untuk pertanyaan bagaimana cara membuat Facebook sangatlah mudah. Hanya dalam beberapa langkah saja, Anda sudah bisa memiliki Facebook dan terhubung dengan banyak teman di berbagai belahan dunia. Berikut langkah-langkah praktis yang akan membimbing Anda dalam membuat akun Facebook.

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah alamat email. Untuk Facebook, alamat e-mail ini akan menjadi kunci masuk Anda ke dalam akun yang diikuti dengan kata kunci (password). Anda bisa mendapatkan alamat email ini secara gratis dengan membuatnya di http://mail.google.com atau di http://mail.yahoo.com. Setelah mempunyai alamat email, Anda bisa langsung membuat akun.

Buka situs Facebook di www.facebook.com. Kemudian, isi formulir yang ada di halaman depan. Mulai dari mengisi nama depan (First Name); nama belakang (Last Name); alamat email (Your E-mail); alamat e-mail lagi (Re-enter E-mail); kata kunci untuk Facebook (New Password); pilihan jenis kelamin (Select Sex); serta tanggal, bulan, dan tahun lahir (birthday). Jika data isian sudah dimasukkan dengan benar, Anda klik saja tombol Sign Up.

Jika nama Facebook (gabungan Nama depan+Nama Belakang) Anda disetujui admin, Anda akan masuk ke halaman pendaftaran Facebook berikutnya. Halaman kedua ini berisi halaman Security Check, yaitu halaman yang memastikan bahwa yang membuat akun Facebook bukanlah mesin otomatis, tetapi manusia.

Di halaman ini, Anda cukup memasukkan kode yang diberikan. Kode yang ada biasanya berupa kombinasi huruf-huruf, angka-angka, atau keduanya. Setelah kode dimasukkan pada tempat yang diberikan secara benar, Anda tinggal klik tombol Sign Up.

Setelah halaman Security Check, Anda akan masuk ke halaman Form Step 1 (Find Friends). Di halaman ini, Anda akan disarankan untuk mencari teman berdasarkan alamat email Anda. Jika mau, Anda bisa memasukkan alamat email dan menunggu Facebook untuk memberikan saran agar Anda menambah teman di Facebook berdasarkan hasil pencarian dari alamat email. Jika Anda merasa malas, Anda bisa langsung masuk ke halaman berikutnya dengan klik Skip.

Lalu, Anda akan masuk ke Form Step 2 (Profile Information). Halaman ini akan menyarankan Anda untuk mengisi data mengenai Sekolah Menengah Atas/SMA (High School); Perguruan Tinggi (College); dan Pekerjaan (Employer). Jika mau, Anda bisa mengisinya, tetapi jika Anda malas, Anda bisa langsung masuk ke halaman berikutnya dengan klik Skip.

Halaman berikutnya adalah Form Step 3 (Profile Picture). Di halaman ini, Anda akan disarankan untuk mengunggah foto diri yang akan dijadikan sebagai foto profil. Anda bisa mengunggah foto diri Anda dari komputer yang sedang digunakan (Upload a Photo from Your Computer) atau Anda bisa membuatnya saat itu juga dengan fasilitas webcam yang ada di komputer yang sedang digunakan (Take a Photo with Your Webcam).

Pilih salah satu dari cara tadi. Jika sudah, klik Save and Continue dan tunggu sampai foto Anda muncul di halaman tersebut. Jika malas, Anda tinggal klik Skip. Dari langkah 3 sampai 6, jika ada data yang ingin Anda koreksi, Anda bisa kembali ke halaman yang diinginkan dengan klik Back.

Jika semua halaman sudah dilewati, Anda akan langsung masuk ke halaman Home atau Beranda. Jika pada halaman-halaman yang tadi dilewati, Anda memilih Skip,  di halaman Home atau Beranda  ini, Anda akan disarankan untuk melakukan semua langkah yang ada dalam 3 Form Step dan 3 langkah lainnya.

Tiga langkah yang dimaksud, yaitu mencari teman (Find Friends by E-mail); mengisi informasi profil (Edit Profile Information); mengunggah foto profil (upload photo); mengaktivasi fasilitas Facebook untuk telepon seluler (Activate Mobile Phone); mencari teman yang mungkin Anda kenal (Find People You Know); serta mengatur informasi yang ingin dibagikan kepada khalayak Facebook (Control What Information You Share).

Jika langkah ke-7 sudah dilakukan, halaman Home atau Beranda akan berisi informasi-informasi terbaru atau terpopuler dari semua teman Anda. Dan jika langkah ke-7 tidak dilakukan, halaman Home atau Beranda akan terus menerus seperti itu.

Agar Facebook Anda bisa dengan bebas digunakan, sebaiknya Anda mengkonfirmasi alamat Facebook Anda dengan cara melakukan verifikasi link yang dikirimkan pada email Anda. Bebas digunakan di sini bukan berarti bebas digunakan oleh siapa saja, melainkan terbebas dari notifikasi untuk melakukan verifikasi.

Jika hal ini belum Anda lakukan, pada hari yang sama mungkin Anda bisa dengan leluasa menggunakan Facebook Barunya, Namun pada hari berikutnya, Anda akan diingatkan kembali untuk melekaukan veifikasi dan akun Facebook Anda tidak bisa dipakai utuk sementara sampai proses verifikasi dilakukan.

Setelah verifikasi selesai dilakukan, Facebook pun siap digunakan semaksimal mungkin. Anda bisa mengedit profil; membuat status; membuat album foto; memasukkan link; menambah teman; memberi komentar; membuat catatan; dan masih banyak lagi fasilitas lain yang siap untuk digunakan dengan sebaik-baiknya.

Nah, dengan 10 langkah tentang bagaimana cara membuat Facebook tadi, sudah siapkah Anda untuk eksis di dunia Facebook? Tentu saja siap, bukan? Untuk hal-hal lain yang ingin Anda ketahui terkait Facebook ini bisa Anda cari di artikel lain yang terdapat dalam anneahira.com atau bisa Anda pelajari secara otodidak.


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Bagaimana Cara Membuat Facebook
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...