Cara Menggunakan Internet Sehat dan Aman dalam Pergaulan Remaja

Bookmark and Share

Selain memberikan banyak dampak positif, internet nyatanya memberikan berbagai pengaruh negatif dalam pergaulan remaja. Internet memang merupakan ranah maya yang tanpa batas. Oleh sebab itu, kaum remaja perlu diarahkan untuk senantiasa menjadi pengguna internet sehat dan aman.

Seruan mengenai gerakan internet sehat dan aman ini telah disampaikan secara resmi dalam Rapat Koordinasi Nasional Kementerian (Rakornas) Kominfo pada 25 Oktober 2010. Rapat resmi ini bertema “Gerakan Nasional Internet Sehat dan Aman (Gema Insan)” yang dibukan secara langsung oleh Menkominfo Tifatul Sembiring.

Maraknya seruan internet sehat dan aman bukan semata-mata tanpa sebab. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menyelamatkan anak bangsa dari kejahatan dunia maya. Banyak contoh kasus kejahatan maya yang mewarnai kehidupan para remaja labil. Salah satu contoh kasus kejahatan maya pernah dialami oleh MNT.

MNT adalah seorang remaja yang masih berusia 14 tahun. Ia kabur bersama teman lelakinya (18 tahun) yang dikenal melalui akun facebook. Pelajar yang menimba ilmu di salah SMP di Sidoarjo ini menghilang dari tempat tinggal orangtuanya di jalan Alamanda Blok L No. 14 Bumi Serpong Damai, Serpong, Tangerang. Belakangan, MNT diketahui lari bersama teman lelakinya yang tinggal di Serang, Banten.

Kasus yang menimpa MNT ini telah menjadi semacam cambukan sekaligus penyadaran bagi semua pihak bahwa interaksi sosial lewat dunia maya tidak sepenuhnya aman. Mudahnya pengaksesan internet membuat orangtua dituntut untuk turut mendalami perkembangan teknologi.

Orangtua diimbau untuk mampu memberikan gambaran mengenai sisi positif dan sisi negatif sarana bergaul melalui jejaring sosial yang sedang meramaikan maya. Dengan mengetahui dampak positif dan negatif, anak diharapkan dapat menggunakan internet secara sehat dan aman.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan para remaja agar tidak salah langkah bergaul melalui internet.

Kejujuran memang segalanya. Namun, ada hal yang harus diingat bahwa tidak semua orang di dunia maya mencantumkan identitas diri serta pekerjaannya secara benar. Oleh sebab itu, jangan terlalu silau dengan seseorang yang mengaku bekerja maupun kuliah di tempat elit. Bisa saja orang itu tidak seperti yang dibayangkan. Intinya, jangan terlalu percaya dengan seseorang yang baru dikenal lewat maya.

Internet tidak mencantumkan peraturan bagi para pengguna untuk bercerita secara jujur kepada orang lain. Oleh sebab itu, simpanlah rapat-rapat informasi mengenai nama, usia, alamat rumah, alamat sekolah, dan nomor telepon. Meskipun rekan maya kalian meminta, jangan pedulikan. Jika kalian mulai merasa tidak nyaman dengan orang tersebut, tinggalkan saja.

Ingat, jangan pernah menemui orang yang baru dikenal lewat internet seorang diri. Untuk mengantisipasi terjadinya berbagai kemungkinan buruk, ajaklah sahabat atau saudara untuk menemani.

Ketika tengah menghadapi masalah, jangan diumbar di dunia maya. Lebih baik bercerita pada sahabat yang ada di dunia nyata. Curhat pada sahabat di dunia nyata dijamin lebih terpercaya dibanding curhat pada rekan chatting.

Jika kalian mendapatkan kiriman email dari orang tidak dikenal dan isinya mencurigakan, langsung hapus saja kiriman tersebut. Jangan sekali-kali membaca email jebakan karena akan menimbulkan kerugian. Ingat, mempercayai seseorang yang sama sekali belum pernah ditemui merupakan kesalahan terbesar.

Ingat, jangan sekali-kali mengeklik link atau URL yang mencurigakan. Apalagi, jika kalian tidak yakin dengan sumber keamanannya. Alih-alih menjawab rasa ingin tahu, kalian malah akan dirugikan.

Sebaiknya, kalian menjauhi room chat maupun mailing-list yang berisi provokasi maupun hal negatif lain. Intinya, jangan mudah terperdaya dengan rayuan seseorang di internet yang mencoba menjadikan kalian sebagai teman layaknya dalam kehidupan nyata. Satu hal yang tidak kalah penting, jangan terprovokasi oleh seseorang yang memanas-manasi agar kalian bertengkar di internet.


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Cara Menggunakan Internet Sehat dan Aman dalam Pergaulan Remaja
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...