Keuntungan Teknologi Informasi

Bookmark and Share

Bagi masyarakat modern, penguasaan teknologi informasi adalah wajib hukumnya. Penggunaan kertas yang banyak dengan harga kertas semakin tinggi, membuat orang tidak hanya melirik teknologi informasi, tetapi mereka sudah sangat bergantung dengan fasilitas teknologi ini. Begitu banyak keuntungan teknologi informasi yang didapatkan bila kita mampu memanfaatkannya.

No Paper

Kampanye go green semakin digalakan. Bahkan, ada perusahaan yang benar-benar menerapkan kebijakan no paper sama sekali. Semuanya dilakukan dengan menggunakan teknologi informasi. Kecanggihan ini ternyata membuat efisiensi dan efektivitas kerja meningkat walaupun ada beberapa kendala dan masalah yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Misalnya, koneksi internet yang masih bermasalah di beberapa tempat, pasokan listrik yang tidak stabil, gempuran virus online yang semakin menakutkan, serta keamanan dari para hacker yang mau tak mau membuat pengguna teknologi informasi semakin waspada. Ekstremnya, back up data tetap dibuat di atas kertas demi menghindari hilangnya data atau data yang diserang oleh kaum yang tidak bertanggung jawab.

Keuntungan Teknologi Informasi

1. Administrasi

Pembukuan dan bidang pengarsipan akan semakin cepat, tertib, dan rapi dalam bekerja. Pencarian data tertentu pun akan semakin mudah didapatkan. Data-data rahasia bisa disimpan dalam file tertentu yang bisa disembunyikan dengan pengkodean tertentu juga.

2. B to B (Business to Business)

Semakin terbukanya langit bisnis global, menuntut para pebisnis untuk berhubungan dengan para konsumen atau mitra bisnis dari seluruh dunia. Dengan adanya teknologi informasi, semua urusan bisnis bisa dilakukan melalui dunia maya.

Bisnis dengan sistem ini sangat mengandalkan kepercayaan. Kesuksesan bisnis ini sangat bergantung pada kepercayaan tersebut. Bila kepercayaan telah didapat, di mana pun letak kantor Anda, bukanlah masalah lagi.

3. Para Penulis Lepas, Peneliti, dan Wartawan

Tidak jarang, penulis dan editor tidak pernah bertemu sekali pun. Padahal, mereka berdua sudah berhubungan selama bertahun-tahun dan telah menerbitkan beberapa buku. Ada ikatan batin memang. Ada ikatan saling membutuhkan.

Jadi, tanpa bertemu secara fisik sekalipun, rasa saling menghargai dan menghormati itu tetap bisa tumbuh di hati masing-masing. Para peneliti pun bisa berhubungan dengan respondennya lewat dunia maya. Apalagi, wartawan yang bisa berada entah di mana, tetapi hasil liputannya tetap bisa terkirim kapan pun dia mau.

4. Silaturahmi

Jarak bukanlah masalah lagi bila hanya ingin menyapa orang tua dan saudara yang jauh. Tentunya, tidak dapat dibandingkan bila bertemu langsung. Namun, dengan bersilaturahmi melalui kekuatan teknologi informasi, ikatan batin itu akan terasa semakin kuat.

5. G to G (Hubungan Politik Antarpemerintahan)

Perubahan arah politik dunia berubah dengan sangat cepat. Hubungan diplomatik harus dilakukan sesering mungkin. Salah satu cara adalah dengan mengadakan teleconference atau koneksi internet secara berkesinambungan.

6. Dunia Pendidikan

Mahalnya biaya pendidikan dapat disiasati dengan belajar secara online. Mau belajar tentang marketing, bisa masuk ke www.Asianbrain.com. Intinya, tinggal pilih mau belajar apa, cari saja di internet.

7. Persatuan dan Kesatuan Warga Dunia

Cepatnya berita menyebar melalui teknologi informasi, telah membuat semakin cepat bantuan didapat. Program Pray For Indonesia, salah satunya. Kesamaan rasa ini membuat kita tidak berjarak dengan orang lain dari seluruh dunia.


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Keuntungan Teknologi Informasi
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...