Kronologis Sejarah Search Engine

Bookmark and Share

Adakah yang tahu awal sejarah search engine? Daripada menunggu seseorang menjawabnya, alangkah lebih baik jika kita mulai mencari tahu sejarah search engine melalui sumber terpercaya, yakni internet. Ya, sejarah search engine sejak pertama kali kemunculannya hingga saat ini telah beberapa kali mengalami perkembangan yang signifikan.

Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang perkembangan sejarah search engine, penulis akan mengulas sedikit tentang apa dan untuk apa search engine itu. Penulis tidak ingin meloncat terlalu jauh dengan langsung membahas sejarah search engine sementara masih ada pembaca yang belum mengenal apa itu search engine.

Perhatikan ilustrasi berikut. Pergi ke perpustakaan, mencari buku lewat katalog, dan menemukannya di rak buku. Terdengar kuno, bukan? Ya, saat ini untuk menemukan informasi kita tidak perlu pergi ke perpustakaan atau membeli koran setiap pagi. Kini, informasi ada kapan saja di internet.

Namun, tentu akan sangat merepotkan bila harus menemukan informasi yang kita mau dengan cara merincinya satu-satu. Untuk melakukan pencarian informasi, internet memiliki alat canggih bernama search engine alias Mesin Pencari. Alat ini telah mengubah cara manusia untuk mencari informasi ke arah yang lebih sederhana, mudah, dan cepat.

Meskipun dalam tingkatan ilmiah tertentu informasi harus tetap berdasarkan buku, tetapi kebanyakan informasi yang kita mau bisa didapatkan di internet. Kapan pun, di mana pun, asalkan memiliki koneksi internet, Anda bisa mencari informasi apa pun.

Ribet? Tentu saja tidak, dengan bantuan search engine, Anda hanya perlu mengetikan satu atau beberapa kata kunci saja yang berkaitan dengan informasi yang dibutuhkan. Setelah itu, search engine akan mencarikannya sekaligus menampilkannya ke hadapan Anda. Sumber informasi itu bagaimana? Tenang, sumber informasi yang ditemukan search engine bukan hanya dari satu sumber saja, melainkan dari ratusan sumber.

Sudah mulai paham, bukan? Saat ini, masyarakat dunia tahu bahwa search engine atau mesin pencari terbesar dan paling banyak digunakan di dunia adalah Google. Akan tetapi, perusahaan raksasa itu bukanlah yang pertama. Pertanyaannya, kapan sejarah mesin pencari dimulai? Siapa yang memulai? Berikut ini penulis akan menghadirkan kronologis sejarah search engine secara lengkap kepada Anda. Simak.

Kronologis Sejarah Search Engine

Sejarah search engine perlu dikaitkan dengan sejarah internet itu sendiri. Mengapa? Karena tanpa kehadiran internet, mustahil sejarah search engine bisa diruntut. Berikut adalah kronologis sejarah search engine dari tahun ke tahun.

Iri dengan keberhasilan Russia yang mampu pergi ke luar angkasa, presiden Amerika Serikat, Dwight Eisenhower, memerintahkan untuk pembangunan Advanced Research Project Agency (ARPA). Dengan merangkul beberapa universitas, akhirnya mereka menciptakan ARPAnet yang merupakan bapak moyangnya internet zaman modern. Sejarah search engine diawali dengan adanya temuan internet.

Sejarah search engine berlanjut ketika Ted Nelson menciptakan Projek Xanadu dan tiga tahun berikutnya berhasil membuat hiperteks yang berisi hiperlink. Sekarang, kita mengenalnya dengan kata link (tautan).

Perkembangan internet bergerak ke Eropa. Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan yang bekerja di CERN, membuat program untuk menyimpan informasi dengan asosiasi acak. Program ini digunakan untuk pribadi dan tidak dipublikasikan.

Sejarah search engine berlanjut ketika Archie dibuat. Dianggap sebagai nenek moyang dari semua mesin pencari yang ada sekarang. Archie dibuat oleh Alan Emtage, seorang mahasiswa universitas McGill asal Barbados. Sebelum ada Archie, orang harus mencari informasi satu per satu. Atau, hanya berinternet bila ada teman yang menyarankan link tertentu untuk dikunjungi.

Dengan bantuan Robert Cailliau, Berners-Lee menulis World Wide Web (www) untuk pertama kalinya. Pertama kali dipublikasikan pada dunia pada musim panas tahun tersebut. Dalam sejarah search engine, www ini nantinya akan menjadi tempat atau sumber informasi yang dikumpulkan search engine.

Sejarah search engine dimulai ketika Aliweb mulai diperkenalkan kepada khalayak. Aliweb merupakan mesin pencari pertama untuk www. Dibuat oleh Martijn Koster. Pemilik situs harus mendaftarkan situs mereka ke Aliweb agar bisa dicari dengan mudah. Gara-gara itu, Aliweb tidak digunakan secara luas.

Yahoo! dibuat oleh Jerry Wang dan David Fillo di rumah mobil mereka. Awalnya, Yahoo! dibuat untuk menandai situs yang telah mereka kunjungi.

Lycos dibuat oleh Dr. Michael Loren Mauldin.

Altavista dibuat oleh Louis Monier dan Michael Burrows.

Excite dibuat oleh Graham Spencer, Joe Kraus, Mark Van Haren, Ryan McIntyre, Ben Lutch, Martin Reinfreid.

Ask Jeeves dibuat oleh Garett Gruener dan David Warthen.

Inktomi dibuat oleh Eric Brewer dan Paul Gauthier.

Di tahun yang sama, Larry Page dan Sergey Brin, mahasiswa Universitas Stanford, mulai membuat BackRub. Konsep baru pembuatan mesin pencari diperkenalkan. Ini merupakan cikal bakal Google yang lahir tahun berikutnya.

Pada tahun ini, Larry Page dan Sergey Brin mengganti nama BackRub menjadi Googol. Namun, dalam presentasinya, presenter memperkenalkannya sebagai Google, nama itulah yang mendunia sekarang.

GoTo.com diperkenalkan sebagai mesin pencari berbayar. Perusahaan harus membayar jika ingin situsnya berada di urutan teratas. Perusahaan itu harus membayar satu dollar kalau ada orang yang mengklik situsnya.

MSN diluncurkan pada akhir tahun. Mesin pencari ini kemudian berganti nama menjadi Windows Live Search pada 2006, dan pada 2008 diganti lagi menjadi Bing.

Terinspirasi GoTo.com, Google membuat AdWords.

Yahoo! masih menggunakan Google untuk melakukan pencarian.

Yahoo! mengakuisisi Inktomi, GoTo, AltaVista, dan AllTheWeb.

Tahun yang sama, Google memperkenalkan AdSense yang memungkinkan pemilik situs memajang iklan. Google akan membayar pada pemilik situs bila ada yang mengklik iklan yang dipajang.

Yahoo! mulai mengaktifkan mesin pencarinya sendiri.

Google mengakuisisi YouTube, sebuah situs yang bisa memutar video, sekaligus mesin pencari video yang paling banyak digunakan saat ini.

Di tahun yang sama, dengan jumlah pencari makin banyak dan sistem yang makin kompleks, makin banyak pula informasi yang tidak diinginkan hadir. Google Sitemap memperbolehkan sebuah situs memasukkan peta situs agar pencarian lebih relevan.

Google mampu mencari 8 miliar situs dan memproses pencarian sampai 70% di seluruh internet. Hal itu membuat Google menjadi situs yang paling banyak diakses di dunia. Tetapi, seiring diperkenalkannya Bing dari Microsoft, mereka bersaing berbagi pasar.

Google Instant mulai diperkenalkan. Dengan sistem barunya, pencarian dimulai saat pencari mengetikkan kata kunci, tanpa perlu menekan enter.

Google Panda akan mulai diperkenalkan ke khalayak ramai. Semua hal yang berkaitan dengan SEO pun akan di9bebankan kepada Google panda ini.

Nah, itulah kronologis sejarah search engine sejak pertama kali diluncurkan hingga kini. Entah sudah berapa banyak manfaat byang diberikan search engine kepada umat manusia. Semoga bermanfaat!


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Kronologis Sejarah Search Engine
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...