Makalah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi: Jumo

Bookmark and Share

Masyarakat haus akan berkomunikasi. Buktinya, jejaring sosial, seperti facebook dan twitter, terus meningkat jumlah penggunanya. Adalah Chris Hughes. Salah satu pendiri facebook, tahu akan kondisi ini. Oleh karena itu, dia membuat satu jejaring sosial yang lebih terfokus.

Nama jejaring sosial itu adalah Jumo. Jumo dimaksudkan dapat menjadi jembatan bagi para pemberi dana dan para penerima dana. Makalah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kali ini membahas apa dan bagaimana Jumo bekerja.

The Power of Giving

Chris Hughes yang juga merupakan ketua digital organizer dalam kampanye Barack Obama saat meraih kursi kepresidenan tempo hari, kali ini menerapkan keahliannya di bidang jejaring sosial yang disebutnya Jumo.

Chris, anak muda penuh potensi ini, membuat Jumo dengan tujuan yang sangat mulia. Jumo dimaksudkan menghubungkan perorangan atau para filantrofis, orang yang hobi bederma, ke organisasi-organisasi nonprofit dan panti-panti sosial yang dapat dipercaya.

Situs ini baru saja diluncurkan pada 30 November 2010. Dasar pembuatan situs ini adalah bahwa semakin banyak orang yang ingin berbagi, tetapi tidak tahu mau berbagi dengan siapa atau lembaga mana yang bisa dipercaya.

Jumo tidak hanya menghubungkan para pederma kepada lembaga sosial tersebut, tetapi menampilan artikel-artikel yang mendidik masyarakat. Misalnya, artikel isu-isu sosial tentang berbagai hal, termasuk gaya hidup dan masalah gay yang kontroversial dibahas di Jumo.

Situs ini berdasarkan konsep 'The Power of Giving’. Semakin banyak memberi, semakin banyak pula yang akan diraih. Orang yang paling baik adalah orang yang paling banyak memberi. Demi menjamin keamanan dana yang sudah disetorkan, Jumo hanya berhubungan dengan lembaga sosial yang tersertifikasi.

Suatu lembaga yang benar-benar telah teruji kejujuran dan reputasinya. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan penipuan, seperti yang menimpa beberapa wanita Amerika yang terkena rayuan gombal para penipu dari Nigeria. Dengan dalih cinta dan butuh bantuan, para penipu Nigeria berhasil memperdaya banyak wanita Amerika. Ribuan dolar pun melayang tanpa bekas.

Jumo yang merupakan jejaring sosial nonprofit akhirnya harus mengandalkan pembayaran dari para pengguna dan donornya. Juga dari organisasi yang mencari dana iklan yang tidak terlalu besar. Jumo memprakarsai pembangunan gedung sekolah, sarana jalan, dan kesehatan.

Siapa pun yang mempunyai misi sosial dapat membuat sebuah halaman di Jumo. Jumo diharapkan dapat menjadi bagian kecil bagi terpenuhinya kedua belah pihak. Dalam hal ini, para pemberi derma dengan para penerimanya.

Semua uang yang sudah diberikan kepada lembaga sosial tersebut dapat terpantau dengan baik dan dievaluasi oleh para pemberinya. Keterbukaan ini akan membuat Jumo dapat meraih tempat di hati para pengguna jejaring sosial lainnya.

Sebagai awal, Jumo menyediakan lebih dari 3.000 artikel yang berkaitan dengan permasalahan dan penyelesaiannya serta makalah sosial lainnya. Jumo dapat menjadi suatu media sosial yang benar-benar dapat membantu sesama.


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Makalah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi: Jumo
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...