Materi Pengantar Teknologi Informasi

Bookmark and Share

logo anne ahiraAsian Brain Support$("#boxes").load("#dialog"); Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali

Setiap mahasiswa yang mengambil program pendidikan Teknik Informatika, pasti akan mendapatkan mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi. Mata kuliah ini diberikan pada awal seorang mahasiswa mengikuti perkuliahan.

Mata kuiah Pengatar Teknologi Informasi ini diberikan dengan maksud agar seorang mahasiswa bisa memahami dasar-dasar pengetahuan yang ada dalam dunia teknologi informasi. Dengan demikian pada nantinya, seorang mahasiswa bisa memahami dengan detail mengenai berbagai macam masalah yang ada dalam kajian teknologi informatika secara jelas.

Materi yang diberikan dalam mata kuliah pengantar teknologi informasi ini cukup beragam. Karena sebagai ilmu pengantar, maka di dalamnya akan menjelaskan mengenai konsep dasar teknologi informasi, sejarah teknologi informasi dan juga mengenai kopmonen-komponen apa saja yang ada dalam kajian teknologi infomasi ini.

Pada bagian pendahuluan mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi, seorang mahasiswa akan diberikan pemahaman mengenai definisi dari kata Teknologi Informasi. Secara umum, teknologi informasi ini dimaknai sebagai sebuah disiplin ilmu yang diciptakan oleh manusia berhubungan dengan pengelolaan data.

Pengelolaan data yang dimaksud di sini adalah sebuah rangkaian proses yang dimulai dari pencatatan, penyimpana, pengolahan, pengambil kembali, pengiriman serta penerimaan sebuah data yang diberikan sebagai bentuk informasi. Dimana informasi yang dikelola ini berawal dari satu subyek untuk kemudian dibutuhkan oleh subyek yang lainnya.

Dari definisi ini, didapat pemahaman baru mengenai makna data dan informasi. Biasanya orang akan bingung untuk mendefinisikan kedua kata tersebut, bahkan cenderung untuk menganggap kedua kata tersebut adalah hal yang sama. Padahal, antara data dan informasi memiliki perbedaan yang cukup mendasar.

Pada dasarnya, data merupakan sebuah informasi yang masih mentah atau belum diolah. Sehingga, keberadaannya belum bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk mendukung aktivitas mereka. Sementara, informasi merupakan data atau kumpulan data yang sudah dioleh dengan sedemikian rupa sehingga bisa memiliki makna dan manfaat bagi manusia.

Sementara arti teknologi sendiri adalah ilmu yangberhubungan dengan seni atau pengetahuan yang dalam penerapannya memanfaatkan pengetahuan yang ilmiah untuk bisa digunakan dalam kehidupan. Jika ditelaah lebih mendalam, maka ilmu pengetahuan memiliki karakterstik sebagai kumpulan dari ilmu pengetahuan dimana hal ini didapatkan melalui penelitian ilmiah. Biasanya, ilmu pengetahuan ini akan berasal dari sebuah organiasasi pendidikan seperti universitas.

Sementara, teknologi memiliki karakteristik yang mengacu pada segala hal yang lebih bersifat praktis dan mampu menghasilkan sesuatu. Sehingga bisa dikatakan bahwa teknologi memiliki orientasi pada dunia industri yang bersifat rumit dan sulit untuk diprediksi.

Ilmu pengetahuan dan teknologi akan selalu berkembang seiring dengan perubahan jaman. Namun, ada kalanya muncul kendala dalam proses penyampaian ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Kendala yang terjadi ini disebabkan beberapa hal, antara lain :

Faktor Budaya

Budaya merupakan hasil pemikiran manusia yang didapat secara turun menurun dan cenderung menjadi patokan dalam manusi beraktivitas di suatu wilayah tertentu. Apabila ilmu pengetahuan dan teknologi yang masuk cenderung bertentangan dengan budaya yang sudah lama dipegang dan diyakini oleh suatu masyarakat, biasanya ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut akan sulit untuk diterima dan berkembang. Apabila bisa merubah keadaan masyarakat tersebut, biasanya terjadi dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Faktor Pengalihan Teknologi

Teknologi yang baru seringkali sulit untuk diterima masyarakat guna menggantikan teknologi lama yang sudah ada. Hal ini terkait pola kebiasaan masyarakat yang sudah lebih akrab dengan teknologi lama meski pun pada dasarnya teknologi yang baru berkembang menawarkan kemudahan. Sebagai contoh adalah sulitnya para orang tua dalam menggunakan telepon genggam dan lebih menyukai menggunakan telepon rumah. Hal ini karena mereka merasa kesulitan dalam mengoperasionalkan perangkat telepon genggam yang dinilai lebih rumit daripada jenis telepon rumah.

Adanya pengetahuan yang lebih unggul

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditemukan belakangan, akan sulit untuk diterima masyakat apabila ternyata pengetahuan dan teknologi yang sudah ada terlebih dahulu diyakini lebih memiliki kelebihan. Contohnya adalah sulitnya mengubah cara pandang masyarakat untuk mengubah bahan bakar kendaraan bermotor dari penggunaan minyak bumi menjadi gas. Sebab, teknologi pendukung untuk kendaraan yang menggunakan minyak, dinilai jauh lebih mudah dijumpai daripada jika harus beralih menggunakan bahan bakar gas.

Keorganisasian

Sudah kuatnya persatuan yang melekat dalam sebuah masyarakat yang dilengkapi dengan adanya kesatuan pandangan mengenai suatu pengetahuan dan teknologi, akan menyulitkan teknologi yang baru untuk masuk.  Contohnya adalah sulitnya mengubah pola pikir masyarakat suku pedalaman untuk menggunakan teknologi modern. Sebab, masyarakat suku pedalaman sudah memiliki keyakinan yang kuat untuk mempercayai perintah kepala suku mereka.

Sejarah Teknologi Informasi

Melalui ilmu pengantar teknologi informasi, kita bisa mengetahui mengenai sejarah kelahiran ilmu teknologi informasi tersebut. Pada dasarnya, teknologi informasi ini sudah lahir bahkan sejak manusia belum memasuki jaman sejarah.

Hal ini bisa dibuktikan dengan berbagai penemuan yang ada di berbagai macam media seperti goa, lempengan batu atau juga goresan logam yang berisi gambar atau kode tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat purba pun sudah mengenal konsep komunikasi yang sederhana.

Di awal masa sejarah, ada tiga negara yang dianggap sebagai pelopor sistem telekomunikasi manusia. tiga negara tersebut adalah China, mesir serta Romawi Kuno. Ketiga negara ini melakukan pendokumentasian berbagai informasi yang dianggap penting pada beberapa media. Seperti pahatan tanah liat atau juga menggunakan kertas.

Selain itu, memasuki masa peradaban modern sistem telekomunikasi sudah mengenal alat bantu yang lebih maju. Diantaranya adalah pencatatan menggunakan kertas yang disebut arsip, penemuan alat telekomunikasi seperti telegraf atau juga telepon.

Di era digital, perubahan sistem komunikasi pun bergerak cepat seiring dengan penemuan teknologi komputer. Hal ini berawal dengan adanya penemuan peralatan komunikasi yang bersifat mekanis, sejak ditemukannya mesin hitung oleh Blaise Pascal pada tahun 1642.

Penyempurnaan sistem informasi mekanik ini mengalami penyempurnaan ketika Charless Babbage mulai mengembangkan sebuah sistem komputer kuno pada 1830. Masa ini dianggap sebagai masa awal teknologi komputer yang kemudian dikenal manusia pada saat ini.

Berbagai perubahan serta perkembangan pada proses penyampaian informasi ini menunjukkan bahwa informasi merupakan suatu hal yang dianggap penting bagi manusia. Selanjutnya dari kondisi ini lalu muncul pertanyaan, mengapa manusia membutuhkan informasi?

Pada dasarnya, informasi dibuat manusia sebagai alat komunikasi. Proses ini disampaikan baik dengan menggunakan sinyal, seperti asap atau lampu. Bisa pula menggunakan sistem pengkodean, misalnya kode morse, atau gerak tubuh tertentu.

Selain itu, teknologi informasi dibutuhkan sebagai dasar untuk mengambil keputusan. Hal ini terkait dengan pengertian informasi adalah sebuah data yang sudah diolah sehingga mampu memiliki arti khusus.

Dan untuk mendapatkan informasi, kita bisa melakukannya dari berbagai macam sumber. Salah satu sumber informasi yang paling banyak dicari adalah media massa baik cetak maupun elektronik. Selain itu, kalangan akademis menjadikan media pustaka baik yang tergolong ilmiah maupun semi ilmiah atau populer sebagai salah satu sumber infomasi. Demikian pula dengan kegiatan wawancara serta media tulisan, bisa menjadi sumber informasi.

Beri rating untuk artikel di atas Buruk sekali Kurang Biasa Bagus Bagus sekali


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Materi Pengantar Teknologi Informasi
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...