Parade Video di YouTube

Bookmark and Share

Jaman sekarang, tidak perlu susah-susah kalau ingin jadi artis. Justin Bieber adalah superstar dunia yang terkenal gara-gara video karaokenya diposting di YouTube. Sinta-Jojo ‘Keong Racun’ juga contoh dari artis lokal yang popular gara-gara situs ini. Tapi siapakah sebenarnya pendiri YouTube? Bagaimana perjalanan suksesnya?

Dari YouTube, para netter bisa mengunggah, menonton, dan mendownload berbagai video klip secara gratis. Biasanya video-video di YouTube adalah klip musik, film, acara TV, dan video buatan user-nya sendiri. Format yang dipakai adalah. Flv, dan bisa diputar kalau komputer sudah diinstall plugin flash player.

YouTube didirikan 3 anak muda yang sama-sama mantan karyawan Paypal, perusahaan yang melayani sistem pembayaran jual beli online. Mereka adalah Chad Hurley, Steve Chan, dan Jawed Karim.

Chad Hurley lahir tahun 1977 dan tumbuh di Pennsylvania. Dia menyelesaikan kuliahnya di Indiana University of Pennsylvania, jurusan desain grafis dan percetakan. Sementara Steve Shih Chen lahir bulan Agustus 1978 di Taiwan. Di usia delapan tahun, dia dan keluarganya berimigrasi ke Amerika Serikat. Lalu orang ketiga bernama Jawed Karim yang dilahirkan di Merseburg, Jerman Timur, tahun 1979. Dia dan keluarganya pindah ke Amerika Serikat di tahun 1992.

Ketiga anak muda ini bertemu waktu masih bekerja di PayPal. Suatu saat mereka frustasi karena tidak pernah berhasil mengirim e-mail yang berisi klip video pesta makan malam mereka di San Fransisco. Ini karena ukuran file-nya besar dan tidak bisa ditonton langsung dalam website.. Mereka lalu menyempurnakan infrastruktur platform video sharing mereka selama beberapa jam. Dari sinilah YouTube lahir dan keberuntungan merekapun dimulai.

Youtube didaftarkan pertama kali dengan nama domain YouTube.com pada 15 Februari 2005. Tiga bulan sesudahnya, tepat di bulan Mei 2005, YouTube di-luncurkan. Awalnya cuma sekedar tampilan preview saja. Baru enam bulan kemudian, kinerja YouTube mulai optimal.

Dalam waktu relatif singkat, YouTube tumbuh semakin besar dan besar. Situs itu menjadi sangat terkenal sesudah memuat video bertitel Lazy Sunday dari acara TV Saturday Night Live. Sejak itu, YouTube menerima upload video sekitar 65 ribu perhari. Dan sampai sekarang, YouTube menerima akses video sekitar 2 milyar klik setiap hari.

Tanggal 9 Oktober 2006, Google setuju untuk membeli saham YouTube. Harga yang ditawarkan mencapai 15,67 triliun rupiah dalam bentuk transaksi saham. Perusahaan film raksasa seperti Lions Gate Entertainment dan MGM, juga stasiun TV CBS, bahkan mengijinkan YouTube menayangkan produksi mereka. Di bulan Maret 2010, YouTube membuat rekor sebagai satu-satunya situs yang menayangkan secara live lewat video streaming 60 pertandingan kriket Indian Premier League ke seluruh dunia.

Tapi jangan  sampai salah ketik, ya. Banyak user yang tidak bisa masuk ke situs ini karena mereka mengetik YoTube atau YuTube di browser mereka. Bahkan gara-gara kewalahan menerima pengunjung salah alamat yang membludak, owner situs utube.com mengubah nama situsnya menjadi utubeonline.com.

Dengan slogannya, Broadcast Yourself, Anda memang bisa mengupload video anda sendiri. Siapa tahu Anda bisa jadi terkenal?


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Parade Video di YouTube
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...