Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia

Bookmark and Share
[img:left]perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-di-indonesia.jpg[/img] Keseharian kita telah dipenuhi dengan kebutuhan komunikasi yang semakin berkembang mengikuti adaptasi zaman. Komunikasi kini semakin diperkuat seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadi suatu bagian yang tidak terpisahkan.

Perkembangan Teknologi dan Komunikasi

Kita telah melalui waktu yang sangat panjang, mulai berkomunikasi secara verbal maupun secara tertulis. Bangsa primitif pun menggunakan gambar-gambar sebagai simbol komunikasi. Mulai cara kuno, yaitu teknik menulis, maupun surat kabar hingga mencapai surat elektronik (email). Dari kode morse hingga telepon dan radio. Dari sekadar gambar ilustrasi sampai ke televisi.

Komunikasi jarak jauh yang dahulunya lazim digunakan adalah surat-menyurat. Kemudian, mulai berkembang alat komunikasi yang memiliki kecepatan luar biasa, yaitu telepon, televisi hitam putih, dan mega-komputer. Semua teknologi itu mungkin terkenal pada generasi sebelum kita.

Kini, teknologi dan komunikasi pun berkembang dengan pesat dan luar biasa dalam berbagai fasilitas. Salah satu perkembangan terbesar adalah jenis-jenis teknologi yang semakin terlihat. Dahulu, televisi mempunyai dimensi besar dengan layar hitam-putih, yang kini mungkin sudah tidak pernah terlihat lagi.

Era High Technology

Komunikasi telepon generasi pertama masih tidak mampu mencapai jarak yang sangat jauh. Bahkan, awalnya koneksi internet tidak mampu mentransfer jumlah paket data yang besar dan stabilitas koneksi yang sangat rapuh. Kini, kita berada pada masa high technology. Segala hal berbau teknologi semakin canggih.

Televisi rata-rata berteknologi high-definition. Kita bisa menyaksikan pertandingan sepak bola seolah-olah berada di stadion sepak bola tersebut. Kita juga dapat berkomunikasi dengan kolega dan berbicara dari kamar ke segala penjuru dunia seakan sedang berbicara pada ruangan yang sama dengan koneksi stabil.

3G dan 4G

Teknologi internet telah mencapai generasi ke-4 (4G) yang mampu mengakomodasi suara jernih dan gambar bergerak dengan lancar hanya dengan beberapa kabel dan sebuah layar. Kita juga bisa men-download data besar dengan kecepatan luar biasa. Segalanya telah menjadi semakin cepat dari sebelumnya.

Satu hal yang tidak banyak disadari orang adalah berburu ide baru, konsep baru, dan kreasi baru, yang biasanya membutuhkan satu dekade atau lebih untuk diwujudkan. Karena setiap tahun begitu banyak teknologi baru berdatangan dalam waktu bersamaan, kita tidak berpikir bahwa teknologi tersebut setidaknya membutuhkan waktu 6 bulan pembuatan.

Faktanya, perencanaan dan persiapan hampir mencapai sebuah ide dengan terobosan baru. Contohnya, koneksi internet yang terbaru, yaitu 4G yang sudah hadir dengan begitu cepat. Padahal, teknologi 3G pun beserta pengembangan-pengembangannya belum lama tercipta.

Sebenarnya, teknologi 4G telah tercipta sekitar 8 tahun lalu ketika beberapa perusahaan yang bergerak di bidang teknologi berencana membuat teknologi komunikasi baru. Maka, hadirlah teknologi 3G dan advance 3G atau biasa disebut 3.5G. Kemudian, berkembang ke teknologi WiMax, yang tidak lain adalah teknologi 4G.

Kini, sepertinya para perusahaan teknologi telah membuat target untuk menciptakan teknologi komunikasi generasi ke lima (5G). Bahkan, sebelum mereka meluncurkan teknologi 4G ke pasaran. Perkembangan teknologi tidak terjadi dalam satu malam.

Faktanya, perusahaan menghabiskan beberapa dekade untuk merencanakannya. Lalu, ketika suatu teknologi baru tercipta, teknologi itu terlihat seperti baru saja diciptakan dan langsung dipublikasi ke masyarakat luas.


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...