Perkembangan Teknologi Informasi di Era Global

Bookmark and Share

Era global ditandai dengan adanya perkembangan teknnologi dan informasi. Semakin kompleks kebutuhan manusia, semakin mendesak manusia untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Tidak terkecuali kebutuhan akan teknologi yang dapat mempermudah aktivitas manusia.

Penemuan Mesin Cetak

Perkembangan teknologi informasi muncul sejak ditemukannya sebuah alat cetak pada 1014. Penemuan ini sekaligus merupakan cikal bakal yang menginspirasi seorang berkebangsaan Jerman, Johann Guttenberg, membuat mesin cetak yang jauh lebih cepat dan ekonomis pada 1436.

Perkembangan selanjutnya adalah ditemukannnya teknik percetakan jarak jauh. Surat kabar yang dulunya hanya dicetak di London, dalam waktu yang bersamaan juga bisa dicetak di negara mana pun. Dengan adanya teknik percetakan jarak jauh, tentu akan memudahkan pendistribusian media cetak ke daerah hingga dari segi waktu bisa lebih cepat.

Penemuan Mesin Uap

Kemajuan teknologi juga ditandai dengan penemuan mesin uap oleh James Watt. Mesin uap ini dapat membantu kinerja alat transportasi darat dan laut menjadi lebih cepat. Sarana transportasi yang cepat tersebut memungkinkan akan kebutuhan sarana komunikasi di tempat yang jauh dapat terjangkau dengan cepat.

Penemuan Telepon

Seiring perkembangannya, teknologi membuat akses menjadi serba cepat. Termasuk, dalam hal komunikasi dan informasi. Teknologi yang awalnya hanya melalui surat, telegraf atau telegram, surat elektronik atau email, telah berkembang semakin pesat.

Perkembangan ini ditandai dengan kemajuan alat komunikasi berupa telepon yang pertama kali diciptakan oleh Graham Bell. Penemuan telepon dapat memudahkan dan memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Tidak hanya kebutuhan informasi dan komunikasi, kebutuhan hidup lainnya pun akan mudah terpenuhi dengan menggunakan teknologi.

Peran Teknologi dalam Kehidupan

Dengan adanya teknologi, manusia tidak usah repot membeli makanan setiap hari hanya karena takut cepat basi. Cukup memiliki sebuah lemari pendingin atau lemari es, Anda tidak perlu takut makanan yang ada di rumah akan cepat basi.

Demikian juga Anda bisa mendapatkan air dalam kondisi panas bila disimpan dalam termos. Untuk memasak, Anda tidak perlu repot-repot lagi mencari kayu bakar di hutan. Cukup menggunakan kompor gas, Anda sudah bisa memasak dengan nyaman di rumah.

Perkembangan teknologi informasi di era global sangat terasa pada gaya hidup masyarakat. Semua yang dilakukan serba cepat, praktis, dan mudah, membuat gaya hidup kita menjadi sedikit konsumtif, serba instan dan terkesan antisosial.

Hanya dengan memencet tombol remote AC, Anda sudah bisa mendapatkan udara dingin sehingga tidak perlu capek-capek pergi ke daerah pegunungan. Untuk berkomunikasi dengan rekan yang jauh tidak perlu mengunjunginya, cukup dengan menggunakan telepon seluler, Anda sudah bisa tersambung dengan mereka.

Akan tetapi, tanpa disadari, memenuhi kebutuhan hidup melalui perangkat teknologi membuat bumi lelah. Bahkan, sering terjadi pengeksploitasian hasil alam. Contohnya, penggunaan AC yang dapat menyerap freon di lapisan atmosfer bumi, penggunaan plastik berlebihan dapat mengakibatkan global warming, yaitu pemanasan bumi.

Jadi, bijaksanalah dalam memanfaatkan perkembangan teknologi dan komunikasi.


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Perkembangan Teknologi Informasi di Era Global
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...