Pesatnya Kemajuan Teknologi

Bookmark and Share

Kemajuan teknologi pada saat ini berlangsung dengan sangat pesat. Kondisi ini menjadikan semua kebutuhan manusia bisa diringankan dengan menggunakan peralatan teknologi. Apalagi pada saat ini hampir semua kebutuhan manusia bisa diselesaikan dengan adanya teknologi. Contohnya, kebutuhan manusia untuk mencuci pakaian, kini bisa dibantu dengan adanya mesin cuci.

Ini  menjadi bukti nyata bahwa teknologi sudah merata di hampir semua sektor kehidupan.  Terlebih dengan adanya penemuan komputer, pada saat ini semua kegiatan manusia hampir selalu memiliki hubungan dengan komputer. Sehingga bisa dikatakan komputer merupakan salah satu perkembangan teknologi yang paling memiliki makna bagi kehidupan manusia modern saat ini.

Ketika manusia belum mengenal peradaban modern, pemahaman teknologi berhubungan erat dengan alam. Hal ini mengingat hampir semua penemuan yang terjadi pada masa itu, terkait dengan lingkungan. Hal ini terbukti dengan berbagai penemuan yang menunjukkan peradaban manusia purba masih menggunakan batu sebagai hasil budidaya mereka.

Inilah yang membedakan dengan kehidupan manusia modern saat ini. teknologi di jaman sekarang ini, hampir diidentikkan dengan konsep teknologi yang ada pada saat ini, yaitu bidang elektronik. Semua hal yang berkaitan dengan teknologi mengacu pada benda yang bersifat elektronik atau mesin.

Salah satu contoh kemajuan teknologi bisa terlihat di bidang media massa. pada saat ini, masyarakat sudah menggunakan jasa teknologi komputer untuk mendapatkan informasi terkini. Sistem ini menggeser budaya lama yang berkembang di tengah masyarakat, dimana sebelumnya masyarakat menggunakan perangkat konvensional untuk mendapatkan informasi. Baik dengan menggunakan media elektronik seperti radio dan televisi serta media cetak.

Dengan adanya kemajuan teknologi, kedua sistem tersebut mulai berganti. Salah satu diantaranya disebabkan masalah kecepatan informasi yang bisa diberikan serta alasan kepraktisan. Dengan menggunakan teknologi digital seperti internet, seseorang bisa mengakses informasi dengan cepat dan juga praktis. Sebab, informasi yang ingin didapatkan bisa diperoleh dengan mudah menggunakan alat bantu seperti komputer, laptop atau juga perangkat pesawat telepon genggam. Praktis karena bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.  

Tekhnologi Informasi

Apa yang terjadi pada contoh di atas adalah sebuah ciri dari kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi. Teknologi ini sudah menjadi komponen penting yang sangat diperlukan oleh setiap manusia di masa sekarang ini. Hal ini mengingat, manusia dari berbagagi macam lapisan usia dan beragam karakter membutuhkan informasi. Baik informasi yang bersifat berita maupun informasi yang berupa ilmu pengetahuan.

Berangkat dari kebutuhan inilah, akhirnya terciptalah berbagai macam perangkat yang membantu manusia dalam menghadapi kondisi tersebut. peningkatan kemampuan manusia di segala bidang, khususnya teknologi menciptakan beragam informasi yang memungkinkan manusia memiliki akses informasi sebanyak mungkin.

Diantaranya yang paling banyak terlihat sekarang ini adalah perangkat telepon genggam. Perangkat ini demikian mudah dijumpai di berbagai tempat, dan dimiliki oleh semua orang dari berbagai lapisan kalangan. Baik secara status sosial maupun dari sisi usia, telepon genggam menjadi sebuah barang yang wajib dimiliki oleh mereka.

Telepon genggam bukan lagi menjadi sebuah barang mewah, namun sudah bergeser menjadi salah satu kebutuhan primer dalam masyarakat. Hal ini terkait dengan kebutuhan akan komunikasi yang semakin meningkat di tengah masyarakat kita. Dengan demikian, informasi sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok yang tidak bisa ditinggalkan oleh masyarakat.

Selain telepon genggam, masyarakat kini juga sudah semakin akrab dengan perangkat teknologi bernama komputer. Perangkat ini memiliki pengaruh besar dalam merubah banyak sektor kehidupan masyarakat serta membantu menyelesaikan berbagai macam aktivitas manusia.

Komputer pun mengalami perkembangan setiap waktunya. Ketika pertama kali ditemukan, komputer masih berupa sebuah benda yang ukurannya sangat besar. Sehingga, hanya kalangan tertentu saja yang mampu untuk memiliki dan menggunakannya. Di sisi lain, kemampuan dari komputer di awal masa penemuannya pun masih sangat terbatas.

Lambat laun, komputer mengalami perkembangan yang sangat cepat. Mulai dari kemampuannya yang semakin cepat, dan kemudian berkembang menjadi ukurannya yang semakin praktis. Bahkan kini, sebuah komputer bisa dibawa kemana saja sesuai keinginan pemiliknya dengan ditemukannya sistem komputer jinjing atau laptop.

Manfaat Teknologi Bagi Manusia

Ada sebagian orang yang beranggapan, bahwa kemajuan teknologi yang ada pada saat ini justru memiliki efek yang kurang baik bagi kehidupan manusia itu sendiri. Yaitu dengan adanya teknologi, menyebabkan banyak kehancuran di berbagai bidang. Seperti terjadinya kerusakan hutan yang meningkat pesat seiring ditemukannya teknologi pemotongan pohon menggunakan alat berat.

Atau juga kerusakan alam yang muncul dari dampak penambangan alam untuk menggali kandungan mineral yang ada di dalam bumi. Kondisi inilah yang diyakini oleh para penganut ajaran neo luddism dan anarko primitivesme serta beberapa aliran yang sejenis. Mereka menganggap, teknologi merupakan sumber segala bencana yang merusak bumi. Untuk itu, mereka mendorong manusia untuk belajar kembali ke masa lalu yang berorientasi pada keseimbangan alam.

Di sisi lain, ada kelompok manusia yang menganggap teknologi berperan besar dalam peningkatan kualitas kehidupan manusia. Untuk itulah, teknologi harus selalu dikembangkan dalam upaya memperbaiki apa yang sudah ada sebelumnya.

Namun secara umum, teknologi harus dikembangkan sebagai upaya perbaikan kehidupan manusia. Jika ada teknologi yang berpotensi merusak, maka yang harus dilakukan bukan dengan menolak kehadiran sebuah teknologi. Melainkan dengan memperbaiki teknologi yang ada tersebut, untuk kemudian memperbaiki kekurangan yang ada dengan menghilangkan unsur yang merusak tersebut. Dengan demikian, tujuan dari teknologi yaitu untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia bisa tercapai tanpa harus meninggalkan unsur merusak pada kehidupan manusia itu sendiri.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya teknologi, diantaranya yaitu :

Membantu manusia dalam menyelesaikan berbagai aktivitas mereka secara lebih baik dan lebih cepat. Merangsang manusia untuk terus berpikir dalam menciptakan perubahan dan perbaikan yang merupakan konsekuensi dari manusia sebagia makhluk yang dibekali akal dan pikiran.Membantu manusia mengenal sejarah dan memprediksi mengenai fenomena yang akan terjadi di masa mendatang. Seperti memprediksi terjadinya gerhana bulan dan matahari, memprediksi peristiwa yang terjadi di tatasurya atau juga memprediksi bencana alam.

Revolusi Teknologi

Dalam sejarah kemajuan teknologi, terdapat dua moment penting yang memiliki peran besar di dalamnya. Hal ini ditegaskan oleh A.Gehlen dalam bukunya Man In The Age of Technology. Menurut Gehlen, dua moment penting tersebut adalah :

Revolusi Neolitik

Merupakan proses waktu dimana manusia mulai berubah cara kehidupannya. Dari yang sebelumnya mengembara serta berburu, menuju pada kehidupan yang tetap dan berdiam di suatu tempat. Mereka hidup dengan cara bertani serta beternak.

    2. Revolusi Industri

Pada masa ini, manusia mulai mengenal mesin, dan dari alat inilah manusia mulai bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka serta menggeser pola kehidupan dari yang sebelumnya mereka jalani yaitu beternak serta bertani.


View the original article here
Intenet Online

Title Post: Pesatnya Kemajuan Teknologi
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...