Beralih Menggunakan Open Source Ubuntu

Bookmark and Share

ubuntu 150x150 Beralih Menggunakan Open Source UbuntuSelama ini sistem operasi pada komputer yang dikenal baik oleh masyarakat adalah Windows, Mac, dan Linux walaupun Linux tidak sepopuler dua sistem operasi sebelumnya.

Salah satu varian Linux adalah Ubuntu,Walaupun sudah nampak geliat penggunaan sistem operasi ini namun jika dihitung jumlah penggunaannya jauh dari penggunaan sistem operasi lainnya.

Ketergantungan bangsa Indonesia ini menimbulkan keprihatinan bagi seorang warga Australia yang kini tinggal di Indonesia. Warga Australia yang bernama Gary Dean ini ingin masyarakat Indonesia mandiri dan beralih ke sistem operasi Ubuntu dan tidak bergantung pada sistem propietary software lagi.

Sebab kualitas Ubuntu tidaklah kalah dengan sistem operasi proprietary software. Masalahnya adalah masyarakat kita sudah terbiasa dengan propietary software. Perlu langkah berani dari masyarakat Indonesia sendiri untuk beralih meninggalkan ketergantungan mereka dan mempercayakan kebutuhan sistem operasi mereka pada open source seperti Ubuntu, sebagai salah satu system operasi pilihan

Ubuntu Logo 300x205 Beralih Menggunakan Open Source Ubuntu

Seringkali, pengguna baru Ubuntu mengalami kesulitan karena perbedaan fitur pada Ubuntu dengan sistem operasi yang sering mereka gunakan. Untuk mengatasi masalah ini, maka Gary Dean mendirikan suatu komunitas online sehingga para pengguna Ubuntu dapat berdiskusi dan menemukan solusi mengenai kesulitan mereka dalam menggunakan Ubuntu dan memaksimalkan kerja mereka dengan software open source ini.

tampilan desktop ubuntu 300x225 Beralih Menggunakan Open Source Ubuntu

Maka, pada awal tahun 2010 lalu yaitu pada tanggal 1 Januari 2010, Gary Dean mendirikan suatu forum komunitas dengan domain ubuntu-indonesia.com. Sejak saat itu, komunitas ini berkembang secara pasti terbukti dengan jumlah anggotanya yang saat ini mencapai 20 ribu.

Ubuntu indonesia ubuntu9.10colour 300x112 Beralih Menggunakan Open Source Ubuntu

Tentunya ini jumlah yang tidak kecil dan jumlah ini pun terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Bahkan komunitas ini dapat berjalan dengan baik tanpa banyak campur dari Gary Dean, si pendiri komunitas ini. Anggota komunitas ini dapat bergerak aktif untuk saling memperkaya satu sama lain. Komunitas ini menyelesaikan permasalahan para pengguna Ubuntu yang masih awam. Kesulitan mereka dalam mengunakan sistem operasi ini dapat terpecahkan dengan saling tanya jawab antar anggota komunitas ini. 

No related posts.

Beralih Menggunakan Open Source Ubuntu
Reviewed by Heru Purwanto on Tuesday, June 26th, 2012
Rating: 4.5

Title Post: Beralih Menggunakan Open Source Ubuntu
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...