Cara Membuat File Javascript Dengan Notepad (.js)

Bookmark and Share
Cara Membuat File Javascript Dengan Notepad (.js) - Hi Bloggers! Alhamdullulah pada kesempatan waktu ini saya akan berbagi dan share anything untuk sobat. Bahan bicara yang akan kita pakai kali ini adalah cara pembuatan file javascript atau yang lebih jelasnnya cara membuat file yang berekstemsi .js. Sebelum kita mulai pada inti-nya, pertama anda terlebih dahulu harus tau apa fungsi javascript dan penjelasannya.

Apa itu Javascript?

Javascript adalah salah satu dari beberapa bahasa pemograman web dalam dunia internet dan akan diidentifikasi oleh web browser seperti Chrome, Opera, Mozilla, Safari, IE yang biasanya digunakan untuk fungsi tertentu, seperti pembuatan widget, efek, atau interaksi lainnya. Bahasa Javacript ini pertama kali dikembakab oleh Brendan Eich dari perusahaan Netscape yang sebelumnya nama Javascript ini Mocha yang nantinya namanya akan diganti menjadi Livescript dan akhirnya nama tersebut resmi menjadi Javascript yang kita kenal sekarang. Netscape adalah peramban web atau web browser yang populer pada tahun 1990-an. Sebelum adannya Internet Explorer, browser ini sangat terkenal saat itu. Namun, setelah Internet Explorer muncul di dunia maya web browser ini kepopuleran serta pemakainnya justru semakin menurun.

So, dapat kita simpulkan bahwa Javascript adalah bahasa pemograman era terdahulu. Jika script berbentuk sebuah file, biasanya akan berekstensi atau berformat .js.

Biasannya pada Javascript ketika dipanggil berbentuk function atau dipanggil berdasarkan trigger pada event tertentu. Peletakkan script di tag Head pada akan menjamin skript di-load terlebih dahulu sebelum digunakan/dipanggil.

Untuk contoh pembuatan file javascript, saya menggunakan Javascript alert sebagai isi filenya. Berikut contoh perintah kode Javascript alert:
alert("WELCOME TO ANVITY BLOG")
Namun jika kita ingin menyisipkannya di halaman website/blog, tambahkan kode pembuka dan penutup HTML Javascript seperti ini:
<script type="text/javascript">
alert("WELCOME TO ANVITY BLOG")
</script>

Bagaimana cara membuatnya agar menjadi file javascript?

1. Buka Notepad. (Start Menu » Run » ketik 'Notepad' » tekan Enter)
2. Masukkan contoh kode Javascript tadi kedalam Notepad.

3. Setelah anda meletakan contoh kode tersebut, klik pada kolom File dan pilih Save As.
4. Ket Beri nama dengan ekstensi .js dan type diberi All Files. Contoh, nama file Javascript saya beri "file_punyaku.js".

5. Terakhir, Save untuk menyimpan dan ucapkan Alhamdullilah. Done!

Title Post: Cara Membuat File Javascript Dengan Notepad (.js)
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...