Cara Mengetahui Index Google Blog Melalui Search Engine

Bookmark and Share


Google Index
Google adalah search engine terbesar dan paling banyak digunakan user saat ini untuk melakukan pencarian. Bahkan search engine lainnya jarang yang bisa memberikan traffic bagus, maka dari itu wajar jika banyak blogger-blogger ingin memperebutkan posisi index google blognya di google untuk mendapatkan traffic.

Beberapa optimasi search engine (SEO) banyak dilakukan untuk mendapatkan index dari google tersebut. Namun kebanyakan yang menjadi masalah blogger adalah tidak tahu mengecek jumlah index google yang saat ini sedang mereka optimasi. Padahal dengan begitu kita dapat mengetahui seberapa besar sudah optimasi kita terhadap blog/website yang sedang di optimasi baik dari segi jumlah indeks link dan halaman/page blog/website.

Kita bisa mengecek jumlahnya dengan melalui web analyzer seperti seoanalyser dan seo worker. Namun dari sekian banyak web analyser tersebut, kurang memberi hasil yang memuaskan tentang index google karena kebanyakan hasilnya berbeda-beda dan kurang signifikan.

Lalu bagaimana cara mengetahui seperti apa rincian indeks tersebut?
Keyword lah yang menjadi bahan utama untuk mengecek jumlah index google blog/website kita. YA! Search engine yang kita gunakan adalah google itu sendiri. Dengan menggunakan search engine google kita dapat mengetahui seperti apa index google dan halaman-halamannya terhadap blog/website kita. Gunakan keyword tertentu untuk melacaknya (Klik gambar untuk memperjelas contoh):

1. Untuk mengetahui di list dan halaman keberapa artikel/halaman anda di dalam indeks Google dan melihat pesaing-pesaingnya (plus untuk mencari duplikasi konten anda) gunakan keyword dari judul artikel/konten. Misalnya: sebab blog sepi komentar.

posisi artikel

2. Untuk mengetahui indeks blog/website anda, link/backlink blog anda yang termuat di blog/website lain serta seberapa kuat halaman-halaman anda terindeks di halaman utama Google, gunakan url blog/website anda sebagai keyword. Misalnya: http://daw-xp.blogspot.com

Index Blog

3. Tambahkan keyword "site:" sebelum url blog/website anda dan tuliskan tanpa spasi diantara keduanya. Cara ini digunakan untuk mengetahui listing dan jumlah index Google terhadap blog/website dan halaman/link lain sesuai dengan urutan indeks link yang berhasil dikumpulkan robot Google. Penulisannya adalah: site:url. Contoh: site:http://daw-xp.blogspot.com

Index Google

4. Gunakan keyword "site:" sebelum url blog/website anda dan pastikan beri spasi diantara keduanya. Cara ini memiliki hasil yang jauh berbeda dengan cara di atas meskipun hanya dibedakan dengan penggunaan spasi pada keyword. Fungsinya adalah untuk mengetahui link/backlink blog/website di situs lain yang berkualitas. Penulisannya adalah: site:(spasi)url. Contoh: site: http://daw-xp.blogspot.com.

Backlink Check

5. Gunakan cara (yang saya sebut sebagai) double-url-keywords yaitu menggabungkan dua keyword url di atas untuk mencari url di dalam url yang sama. Tujuannnya adalah untuk mengetahui urutan popularitas masing-masing link/halaman blog/website dan jumlahnya. Penggabungannya adalah sebagai berikut: blog/website-url(spasi)site:blog/website-url. Contoh: http://daw-xp.blogspot.com site:http://daw-xp.blogspot.com.
link popularity


Sudah maksimalkan optimasi seo terhadap blog/website anda? Berapa index google yang sudah anda peroleh sampai saat ini? Teruslah optimasi blog anda. Sekian dulu postingan saya tentang cara mengetahui index google blog kita. Semoga bermanfaat

Title Post: Cara Mengetahui Index Google Blog Melalui Search Engine
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...