Cara Merawat/Menjaga Laptop

Bookmark and Share
Cara Merawat Laptop - Disaat saya sedang blogwalking ke dunia luna maya, kebetulan saya menemukan artikel tentang perawatan dan menjaga laptop. Dengan hadirnya artikel ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi sahabat yang ingin laptop miliknya dapat terawat dengan baik sehingga hidupnya dapat bertahan lama.

Merawat laptop bukanlah hal yang susah. Tetapi jika biarkan tanpa dirawat anda akan menyesal karena laptop bisa rusak secara tiba-tiba karena kejadian yang datang secara mendadak tanpa diduga si pemilik laptop. Laptop adalah barang elektronik yang sangat sensitif bila tidak di jaga secara baik dan tidak melakukan perawatan dengan benar. Saya punya sedikit tips untuk menghindari itu semua.

1. Pakai etika ketika memberikan penutup pada laptop.
Jangan sekali-kali anda memberikan penutup pada laptop seperti sarung laptop pada saat laptop sedang dalam keadaan menyala. Hal itu dapat membuat proccesor laptop dapat mati dengan tiba-tiba karena tidak adanya sirkulasi udara yang baik.

2. Jaga kabel-kabel adaptor laptop.
Jangan sembarangan meletakan kabel-kabel adaptor atau kabel lain yang sedang terhubung dengan laptop karena dapat membuat orang disekitar anda tersandung.

3. Perhatikan LCD monitor laptop.
Kerusakan laptop bisa juga terjadi pada harddisk dan LCD monitor. Kerusakan harddisk bisa diakibatkan karena benturan atau terjatuh. Dan kerusakan LCD biasanya karena terlalu sering terpapar sinar matahari dan tekanan fisik.

4. Pakailah keyboard protector pada keyboard laptop.
Selain kerusakan harddisk dan LCD monitor, tumpahan cairan adalah penyebab kerusakan laptop yang paling umum. Untuk menghindarinya pakailah selembar penutup keyboard yang disebut keyboard protector.

5. Hindarkan laptop dari sinar X-Ray di bandara.
Didunia penerbangan sinar X-Ray ini digunakan untuk mengetahui instrument pesawat yang mengalami kerusakan. So, jika sinar ini mengenai laptop, bagian luar laptop akan mengering sehingga akan menjadi rusak.

6. Jauhi laptop dari getaran/suara yang keras.
Hindari laptop dari getaran dan jauhkan laptop dari alat pengeras suara, seperti speaker, mesin pada kendaraan berat (truk, bus. dsb), dan sumber getaran lainnya yang memiliki Db yang lumayan tinggi.

7. Jangan mencolokkan kabel modem laptop pada PBX.
Jangan mencolokkan kabel modem laptop pada PBX (private branch exchange) atau saluran telpon digital. Laptop hanya dapat menggunakan saluran PSTN (public-switched telephone network). Penggunaan saluran telpon selain PSTN dapat merusak modem laptop.

8. Jangan sembarangan download software/games di internet.
Sampai saat ini, banyak software yang digunakan gratis di internet tetapi terdapat virus didalamnya. Sebagai saran saya gunakan saja software-software yang sudah ada pada laptop ketika anda membelinya. Jika laptop anda terkena virus, laptop anda dapat rusak. Agar lebih aman untuk mendownload software tersebut dari internet, pastikan anda sudah scan software tersebut sampai tidak ada virus.

9. Jangan sembarangan memasukkan disket.
Memasukkan disket sembarangan dapat merusak disk-drive pada laptop. Dan juga jangan anda sembarangan membuka atau menutup tray drive untuk memasukkan atau mengeluarkan disk. Jangan menyentuh lensa pada tray CD-ROM. Peganglah compact-disc pada bagian pinggir, bukan pada permukaan disk.

10. Jaga kebersihan laptop.
Jaga selalu kebersihan laptop dari debu atau kotoran lain. Bersihkan laptop dengan lap atau kain bersih agar laptop terbebas dari debu.

11. Jaga modem laptop.
Lebih baik gunakan modem yang mempunyai fitur 'digital-line guard', yaitu fitur yang berguna untuk menjaga modem dari kerusakan bila kita tidak sengaja mencolokkan kabel modem ke jack telpon digital PABX atau jalur ISDN. Hati-hatilah ketika anda akan mencolokkan kabel telepon ke laptop karena kawat logam pada konektor modem sangat tipis sehingga dapat mudah patah.

12. Hindari laptop dari suhu yang lembab.
Kelembaban pada suhu dapat menjadi kendala utama laptop anda menjadi rusak. Pastikan laptop tersimpan di tempat yang kering dan sejuk (jauh dari kelembaban).

13. Jangan meletakkan benda berat di atas laptop.
Jangan sekali-kali anda meletakan benda berbobot berat diatas laptop.

14. Jangan memindahkan laptop ketika menyala.
Ketika laptop sedang menyala, Harddisk pada laptop sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal.

15. Gunakan etika ketika memindahkan laptop.
Ketika anda lantang akan mengangkat laptop yang sedang menyala, jangan mengangkatnya dengan memegang bagian LCD/layar.

Note:
Anda dapat menggunakan kartu garansi yang anda dapatkan ketika anda membeli laptop. karena kartu garansi dapat membantu anda jika laptop terjadi kerusakan. Bawa laptop anda ke tempat/toko saat anda membeli laptop.

Title Post: Cara Merawat/Menjaga Laptop
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...