Penjualan Komputer di Indonesia Lesu

Bookmark and Share

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan komputer di Indonesia mengalami penurunan pada kuartal 2 tahun 2012, menurut data International Data Corporation (IDC).

Penurunan mencapai 6,3% dibandingkan kuartal sebelumnya. Sedangkan jika dibandingkan tahun lalu, terjadi penurunan 3,6% atau 1,3 juta unit komputer.

Dalam siaran persnya yang diterima KompasTekno, Selasa (11/9/2012), IDC menjelaskan faktor utama penurunan ini disebabkan oleh berkurangnya permintaan di segmen komersial, yang merosot 22% secara berurutan.

Sejumlah proyek publik yang tertunda, terutama di bidang pendidikan, juga menjadi faktor penurunan penjualan komputer di Indonesia pada kuartal 2 tahun 2012. Sementara perusahaan swasta, menunggu hingga nilai tukar rupiah membaik sebelum mereka membeli komputer baru.

"Pasar komputer komersial di Indonesia sangat menderita pada kuartal 2 tahun 2012, karena banyak sektor publik yang menunda dan merevisi anggaran. Fluktuasi nilai mata uang yang sedang berlangsung juga memberi dampak signifikan terhadap sektor swasta, perusahaan menunda penyegaran siklus komputer mereka sampai mata uang lebih stabil," jelas Deddie Sionader, Analis Pasar Perangkat Klien IDC Indonesia.

Deddie menambahkan, penurunan penjualan komputer di Indonesia juga dipengaruhi oleh meningkatnya minat konsumen terhadap smartphone dan tablet. Hal ini dibuktikan oleh tingginya penjualan smartphone dan tablet pada ajang pameran komputer.

Meski penjualan komputer menurun, para vendor tetap meningkatkan jajaran produk konsumen mereka. Dibandingkan tahun lalu, penjualan komputer kuartal 2 tahun ini naik sebesar 5%.

Menurut data IDC, Acer masih memimpin pasar komputer di Indonesia, diikuti oleh Asus. Posisi 3 yang sebelumnya ditempati Hewlett-Packard (HP), kini diganti oleh Toshiba.

 



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feeds | Amazon WordPress PluginHud 1 Settlement Statement

Title Post: Penjualan Komputer di Indonesia Lesu
Rating: 100% based on 9999989 ratings. 98 user reviews.
Author: Dede Purnama

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...